Ratusan Warga Sikakap Takjub Saksikan GMT

Ratusan Warga Sikakap Takjub Saksikan GMT Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet bersama ratusan warga Desa Sikakap, Pulau Pagai menyaksikan peristiwa gerhana matahari total yang melintasi daerah tersebut, Rabu 9 Maret 2016. (Foto: Rus Akbar)

SIKAKAP—Ratusan warga Desa Sikakap, Pulau Pagai di kabupaten Mentawai antusias dan takjub menyaksikan peristiwa gerhana matahari total (GMT) pukul 07.20 WIB, 9 Maret 2016. Mereka berkumpul di Dermaga Sikakap menyaksikan peristiwa langka tersebut bersama Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet.

Dusun Seay, Desa Sikakap merupakan salah satu lokasi yang dilintasi GMT di Sumatera Barat, selain di Lunang Silaut, Pesisir Selatan. Peristiwa GMT yang menyebabkan suasana pagi itu berangsur-ansur gelap menjelang puncak gerhana membuat warga kagum.

"Duh, merinding sekali saya melihat gerhana, maha besar karunia Allah, susah saya jelaskan, sangat indah, ini kali pertama saya melihat gerhana, mungkin sekali seumur hidup," kata Satriana (35), warga setempat yang ikut menonton gerhana.

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet juga tak kalah kagum. "Saya salut pada putra bangsa yang sudah bisa memprediksi GMT ini, jika ada putra-putri Mentawai yang ingin kuliah di bagian astronomi akan kita dukung dan siap memberikan beasiswa," katanya.

Yudas mengaku sedikit kecewa karena GMT di Mentawai tidak ada pemantauan dari BMKG. "Seharusnya BMKG ke sini, kan daerah kita juga dilewati gerhana matahari total, tapi tak apalah, kita bersama masyarakat bisa menyaksikan juga," katanya.

Gerhana matahari yang terjadi di Sikakap berlangsung sekira 3 menit, pada pukul 07.17 WIB hingga 07.20 WIB.

Rus Akbar

BACA JUGA