Bawaslu Mentawai Tetap Antisipasi Pengawasan Daerah Rawan

Bawaslu Mentawai Tetap Antisipasi Pengawasan Daerah Rawan Rakor Pengawasan Logistik Pemilu 2024 yang dilaksanakan Bawaslu Mentawai di Hotel Bujai. (Patrisius Sanene/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai telah memetakan daerah-daerah yang kondisi geografis berpotensi sulit dalam pengawasan pendistribusian logistik untuk Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai, Perius Sabaggalet menjelaskan daerah yang cukup sulit karena faktor geografis itu diantaranya di daerah paling barat pulau Siberut, kemudian di daerah Pagai Selatan.

“Kondisi daerah yang kita nilai cukup sulit akses akan kita prioritaskan lebih cepat namun tetap memperhitungkan ketepatan waktu dan keamanan logistik di lokasi,” ujar Perius pada Rakor Pengadaan dan Pengawasan dan Distribusi Logistik yang dihadiri Panwascam di Hotel Bujai, Rabu, (3/12/2023).

Kata Perius, berdasarkan koordinasi dan pengawasan secara langsung di gudang logistik yang ada di tingkat kabupaten bahwa logistik saat ini aman. "Tempat penyimpanannya juga aman, bahkan gudang yang dipakai cukup aman dengan pengamanan dari pihak keamanan,” ujarnya.

Kendala akses di Mentawai menjadi salah satu faktor terhambatnya pendistribusian logistik pemilu. "Untuk pengawasan di daerah yang kondisi geografis sulit akan kita tingkatkan, karena selain itu cuaca yang sewaktu-waktu bisa berubah, langkahnya kita akan tetap koordinasi dengan KPU Mentawai mempertimbangkan cuaca dan waktu,” ujarnya

Untuk daerah yang cukup jauh jelas Perius, biasanya satu minggu sebelum hari pemungutan suara sudah mulai didistribusikan. “Kalau daerah dekat atau zona aman itu satu atau dua hari sebelum pemungutan suara sudah mulai didistribusikan,” ujarnya. 


BACA JUGA