3.197 UMKM Sudah Terdaftar Di Kabupaten Kepulauan Mentawai

3197 UMKM Sudah Terdaftar Di Kabupaten Kepulauan Mentawai PJ Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai (pakai baju batik biru) berfoto bersama dengan pengurus UMKM Pisang Kipas Frozen Sikakap. (Foto: Supri Lindra/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Sesuai data Dinas Koperasi, Perindustrian,dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2022 sebanyak 3.197 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah terdaftar di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"UMKM tersebut tersebar di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai, tugas Koperindag melakukan pendampingan dan mempromosikan setiap produk yang di hasilkan oleh UMKM," ujar Dominicus, Sekretaris Koperindag Kabupaten Kepulauan Mentawai, Jumat (2/6/2023).

Kata Domi, sekarang ini Koperindag lagi memetakan potensi daerah yang bisa dijadikan usaha bagi UMKM ditempat tersebut. Di Sioban ada UMKM Sikereita kegiatannya mengelola daging ikan tuna menjadi dendeng, kegiatan ini sekarang sudah berjalan, di Kecamatan Siberut Utara ada UMKM yang mengelola ikan asin di Dusun Bose, Desa Muara Sikabaluan, di Kecamatan Siberut Selatan, ada UMKM yang mengelola sagu menjadi tepung. Di Kecamatan Sipora Utara ada UMKM yang mengelola bermacam makanan kripik, seperti kripik keladi, kripik pisang, kripik ubi dan lainnya, di Kecamatan Sikakap ada UMKM pisang kipas frozen.

Semua UMKM tersebut sudah berjalan tinggal lagi memperkuat promosi saja lagi, sesuai hasil kunjungan Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak ke UMKM pisang kipas frozen di rumah produksinya di Dusun Sikakap Timur. “Pak Fernando sangat mendukung sekali kegiatan UMKM pisang kipas frozen, dan Pak Bupati langsung mencoba pisang kipas Frozen, masakannya enak, dan beliau berpesan agar mutu dan kebersihan tetap terjaga, dan promosi lebih di tingkatkan lagi,” tuturnya.

Ketua UMKM Pisang Kipas Frozen,Rodiah Yaya mengatakan, UMKM Pisang Kipas Frozen Sikakap memproduksi tiga varian rasa yakni pisang kipas frozen gurih, pisang kipas frozen manis tepung panir, dan pisang kipas frozen gurih manis, omzet setiap bulan sekitar Rp5 juta. “Kegiatan ini bisa membantu ekonomi anggota UMKM, walaupun belum maksimal, menurut kami hasilnya, dengan kedatangan pak Pj Bupati menjadi harapan baru bagi kami UMKM pisang kipas frozen Sikakap. Kami berharap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat membantu mempromosikan pisang kipas Frozen buatan UMKM,” ucapnya.

Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak mengatakan, pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai sangat mendukung sekali setiap kegiatan masyarakat terutama sekali kegiatan UMKM, dengan adanya UMKM maka ekonomi masyarakat akan meningkat, pisang kipas frozen yang di produksi UMKM sangat enak sekali, tetap jaga rasa, dan kebersihan agar konsumen tidak merasa bosan untuk membeli pisang kipas tersebut. "Sekarang tinggal lagi promosi yang harus di tingkatkan oleh pengelola UMKM Pisang Kipas Frozen Sikakap, kami dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai akan selalu membantu dan akan  melakukan pendampingan ke setiap UMKM yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai," katanya.


BACA JUGA