Pasca Gempa 6,1 SR, Polsek Sikabaluan Jamin Khamtibmas

Pasca Gempa 61 SR Polsek Sikabaluan Jamin Khamtibmas Kapolsek Sikablauan paling kiri saat mendampingi pj bupati dan camat

SIKABALUAN-Kapolsek Sikabaluan, AKP Edi Surya menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat pasca kejadian gempa 6,1 SR yang terjadi pada Minggu (11/9/2022) khususnya diwilayah hukum Polsek Sikabaluan.

"Kita menjamin khamtibmas aman dan kondusif pasca gempa,” kata AKP Edi Surya pada Mentawaikita.com, Minggu (11/9/2022) disela mendampingi Pj Bupati Mentawai dalam meninjau kondisi warga yang mengungsi di pengungsian Tamairang.

Kata Kapolsek Sikabaluan, mengingat masyarakat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong rawan akan penjarahan. Oleh karena itu kepolisian sektor Sikabaluan Polres Mentawai memberikan kenyamanan di tengah kecemasan akan kejadian gempa. "Apalagi pada malam hari masyarakat kita ada di pengungsian di mana pemukiman akan kosong", katanya.

Dikatakan AKP. Edi Surya, masyarakat untuk tidak terlalu panik selama ada di pengungsian Tamairang dan tetap melakukan kontrol kondisi rumah yang ditinggalkan selama ada d ipengungsian.

Sementara untuk kebutuhan makan pokok yang sempat mengalami kelangkaan di tengah masyarakat dikatakan AKP. Edi Surya sudah teratasi dengan masuknya suplai sembako dari Dinas Koperindag (Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan) UMKM Mentawai.

"Kebutuhan pangan masyarakat kondisinya sudah kondusif. Hal ini sempat menjadi gangguan karena hilangnya kebutuhan pangan di pasaran", katanya.

Penyebab hilangnya kebutuhan bahan pokok di tengah masyarakat disebabkan karena kebutuhan bahan pokok warga yang mengungsi di Betaet dan Simatalu pasca gempa Agustus 2022 yang berkekuatan 6,4 SR oleh lumbung kemensos dibeli di Sikabaluan.

"Akhirnya kebutuhan pokok warga Sikabaluan habis sebelum jadwal masuk kapal yang membawa barang pedagang dari Padang menggunakan KMP. Gambolo pada 12 September 2022,” jelasnya.


BACA JUGA