Update Gempa Mentawai, Dua Warga Betaet Jadi Korban

Update Gempa Mentawai Dua Warga Betaet Jadi Korban Korban Darna sedang diobati oleh petugas medis di Puskemas Betaet. (Foto: Berman Sibuea)

MENTAWAI-Dua warga Betaet, Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi korban gempa 6,1 dan 5,4, satu korban tertimpa bangunan, dan satu korban lagi mengalami sesak nafas saat mengungsi.

Menurut informasi dari Berman Sibuea relawan yang mengantarkan bantuan pada gempa sebelum sebelumnya, saat gempa pertama 6,1 sekira pukul 06.10 WIB warga panik keluar rumah dan langsung mengungsi ke bukit. “Masyarakat sekitar Betaet berhamburan keluar rumah dan langsung mengungsi ke bukit. Setelah kami keluar dan mau mengungsi pada pukul 06.24 WIB gempa kedua terjadi saya termasuk pak camat dan desa ikut mengungsi. Pada gempa kedua ini ada korban tertimpa kayu bangunan rumah, korban itu Bernama Darna warga Dusun Betaet Barat,” terangnya kepada Mentawaikita.com, Minggu (11/9/2022)

Warga Betaet mengungsi ke bukit. (Foto Berman Sibuea)

Setelah tertimpa kayu kata Berman, korban ini langsung pingsan, karena yang tertimpa itu bagian kepalanya yang mengakibatkan pendarahan, kemudian warga mengevakuasi korban ke Puskesmas setempat untuk diobati. “Dia (Darna) pingsan, kepalanya mengalami timpahan kayu sehingga mengeluarkan darah di kepala dan mendapat empat jahitan. Dia pingsan di tempat, warga setempat bersama kami membawa korban ke Puskesmas terdekat kebetulan rumahnya dekat Puskesmas setelah dijahit langsung di gerobak kayu diungsikan ke lokasi pengungsian,” paparnya.

Saat pengobatan korban dilakukan di luar ruangan karena kondisi masih ada gempa susulan.

Korban gempa sedang diungsikan dengan gerobak kayu. (Foto: Berman Sibuea) 

Lalu korban kedua kata Berman, adalah Fitriana, dia mengalami sesak nafas pasca gempa sehingga dia harus dipapah keluar rumah diungsikan ke tempat pengungsian. “Sekarang masyarakat masih mengungsi, ada yang di kantor camat ada mengungsi ke bukit,” kata Berman.

Menurut informasi dari BMKG gempa ini terjadi dua kali, gempa pertama 6,1 pada pukul 06.10 WIB di  Lintang 1.18 LS, Bujur 98.53 BT dan kedalam 10 kilometer. Sementara pada gempa kedua pada pukul 06.24 WIB dengan kekuatan 5,4, berlokasi di lintang 1.25 LS, bujur 98.49 BT dengan kedalaman 11 kilometer.

 

 

BACA JUGA