Kolaborasi Tari Indang dengan Turuk Laggai Disiapkan Kwarran Pramuka 09 Sikakap di Jambore Cibubur

Kolaborasi Tari Indang dengan Turuk Laggai Disiapkan Kwarran Pramuka 09 Sikakap di Jambore Cibubur Peserta tari kolaborasi inang dan turuk laggai untuk jambore Nasional Cibubur di Jakarta berfoto bersama dengan Iptu Yanuar dan anggota Polsek Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Kwartir Ranting (Kwarran) Pramuka 09 Sikakap mewakili Kwartir Cabang (Kwarcab)  Pramuka 15  Kabupaten Kepulauan Mentawai menyiapkan tari kolaborasi tari indang dari Minangkabau dengan tari turuk laggai tari khas Mentawai untuk tampil pada panggung utama pentas seni bumi perkemahan Cibubur di Jakarta yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-21 Agustus mendatang.

Iptu Yanuar, Wakil ketua Pusdiklat Kwartir Cabang Pramuka 15 Kabupaten Kepulauan Mentawai, mengatakan, untuk tampil di panggung utama pentas seni bumi perkemahan Cibubur di Jakarta yang akan dilaksanakan 14-21 Agustus mendatang Kwarran Pramuka 09 Sikakap siapkan tari kolaborasi tari indang dari Minangkabau dengan tari turuk laggai, tari dari Kabupaten Kepulauan Mentawai. “Salsa Bila bersama 7 orang temannya giat melakukan latihan setiap hari tidak tahu hujan maupun terik matahari, mereka latihan di lapangan Polsek Sikakap, kalau hujan di ruangan pertemuan Polsek Sikakap,” ujarnya, Selasa, 2 Agustus.

Yanuar menambahkan, masalah dana dilupakan dulu, melihat semangat dan antusias adik-adek dari Kwarran 09 Sikakap membuat pembina ikut bangga. “Karena kekurangan dana kontingen, dan pendamping dipungut biaya Rp2,5 juta per orang, kalau ada dana lebih nanti akan dikembalikan lagi,” ujarnya.

Kwarran Pramuka 09 Sikakap mengirim 40 orang terdiri dari 25 orang peserta Pramuka tingkat penggalang SD dan Tingkat Penggalang SMP, 3 orang pendamping terdiri dari 1 orang pendamping putra, 1 orang pendamping putri, dan 1 orang pimpinan kontingen, sisanya 12 orang  peninjau.

Untuk memberangkatkan 40 orang kontingen membutuhkan dana Rp125 juta, sementara dana yang ada sekarang Rp28 juta, dana tersebut berasal dari kwartir cabang (kwarcab) Pramuka 15 Kabupaten Kepulauan Mentawai, proposal sudah dimasukkan ke Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

 


BACA JUGA