Jembatan Sungai Taikako Hulu Terancam Ambruk Pasca Banjir

Jembatan Sungai Taikako Hulu Terancam Ambruk Pasca Banjir Sentinar Sababalat pakai topi lagi melewati jembatan di sungai Taikako Hulu. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-“Malotok (cemas) aku”, kata yang keluar dari Mulut Sentinar Sababalat (60) dan Rupelina  Sababalat (68) Warga Dusun Taikako Hulu, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai saat melewati jembatan di sungai Taikako Hulu pasca banjir, Selasa (26/7) lalu.

Sentinar Sababalat (60) menceritakan, hujan lebat melanda pada Minggu sampai Selasa (24-26/7) membuat banjir di daerahnya banjir di Dusun Taikako hulu. Di daerahnya ke dalaman air bervariasi dalam yang dalamnya 30 centimeter, ada juga dalamnya 1 meter.

Pasca banjir jembatan kayu yang bantalannya terbuat dari besi kalau dilewati bergoyang-goyang. "Kalau melewati jembatan kayu saya terpaksa pelan-pelan sekali sambil melihat ke bawah, sebab jembatan kayu tersebut bergoyang-goyang kalau dilewati, takut bantalannya jembatan atau papan jembatan patah,” ujarnya.

Androi Samungilailai (26) warga Dusun Taikako Hulu menyebutkan, panjang jembatan kayu di sungai Taikako hulu lebih kurang 80 meter, dan lebar 3 meter. “Awalnya Jembatan kayu tersebut tidak bisa dilewati kendaraan sepeda motor,  tapi sekarang sudah bisa dilewati kembali oleh sepeda motor karena pasca banjir, hari Kamis (28/7) kami warga Dusun Taikako Hulu bergotong royong untuk memperbaiki jembatan tersebut,” ujarnya.

Kata Androi, meski jembatan itu sudah diperbaiki sebentar lagi bisa jatuh, pasalnya ujung bantalan hanya tinggal sedikit lagi nyangkutnya di tanah, itu sebabnya pasca banjir jembatan bergoyang-goyang kalau di lewati. “Kami berharap jembatan tersebut secepatnya diperbaiki supaya bisa dilewati oleh mobil pembeli pisang atau hasil bumi lainnya, sehingga kami tidak kesulitan lagi menjual hasil pertanian, sekarang ini kalau mau menjual hasil pertanian terpaksa dibawa dengan perahu dijual ke Desa Sikakap,"keluhnya.

Rindung Paingot, Kaur Pemerintahan Desa Taikako mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum di dampingi oleh Kades Taikako sudah meninjau lokasi jembatan di sungai Taikako hulu,. “Mudah-mudahan tahun ini jembatan di sungai Taikako hulu ini secepatnya diperbaiki,” terangnya.

 

BACA JUGA