BPBD Mentawai Imbau Masyarakat Batasi Aktivitas Karena Cuaca Buruk

BPBD Mentawai Imbau Masyarakat Batasi Aktivitas Karena Cuaca Buruk Foto tangkapan layar peringatan dini cuaca di Sumatra Barat. (Foto: BMKG)

TUAPEIJAT-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai melaporkan berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) satu minggu ke depan cuaca terpantau ekstrim dengan curah hujan dan gelombang tinggi.

Mengantisipasi hal itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Novriadi mengimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas melaut atau aktivitas lain yang menggunakan transportasi laut atau sungai.

Pusdalop BPBD Mentawai, kata Novriadi, saat ini juga terus melakukan pemantauan informasi terbaru tentang laporan pantauan cuaca dimana seminggu ke depan diprediksi curah hujan dan gelombang masih terpantau cukup ekstrim di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Minggu ini dan ke depan berdasarkan laporan prakiraan cuaca di wilayah Mentawai masih terpantau ekstrim, diimbau kepada masyarakat untuk waspada dan tidak memaksakan melakukan kegiatan di luar rumah atau kegiatan lain seperti pelayaran menggunakan boat atau sampan,” ujar Kalaksa pada Jumat, (29/7/2022).

Cuaca ekstrim yang terjadi saat inimenyebabkan bebarapa armada transportasi laut penyeberangan Padang-Tuapeijat harus menunda dan menyesuaikan jadwal keberangkatan akibat gelombang tinggi. “Daerah selat terpantau gelombang berkisar 1-1,5 meter kemudian arus juga kencang, kemudian daerah bagian barat gelombang terpantau lebih dari 2 meter,” jelas Novriadi.

Sebelumnya kondisi yang dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai beberapa hari sebelumnya terjadi longsor di daerah Desa Betumonga, Pagai Utara sehingga mengakibatkan putusnya akses atau jembatan kayu sepanjang 14 meter akibat terseret banjir mengakibatkan akses di tiga dusun tersebut putus. Kemudian putusnya jembatan Maryat penghubung Desa Simatalu dan Simalegi, Kecamatan Siberut Barat. 

BACA JUGA