Jaringan Telkomsel Belum 4G Warga dan Pelajar Sikakap Kesulitan Akses Internet

Jaringan Telkomsel Belum 4G Warga dan Pelajar Sikakap Kesulitan Akses Internet Kapolsek Sikakap Iptu Yanuar lagi melakukan zoom Meeting di WiFi Bakti SD Vincentius Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Warga dan pelajar di Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai kesulitan mengakses internet hal ini disebabkan karena jaringan telkomsel tidak mendukung untuk internet terutama jaringan 4G.

Untuk mengakses internet warga dan pelajar di Desa Sikakap harus ke lokasi yang menyediakan 

WiFi Bakti Aksi, WiFi bantuan dari Kominfo, atau menggunakan Wireless Fidelity (WiFi) prabayar dengan cara membeli voucher dengan harga yang mahal, 1 gigabyte (GB) Rp15 ribu, dan voucher satu Minggu 3 GB Rp35 ribu.

Kapolsek Sikakap, Iptu Yanuar menyebutkan, sebagai warga Desa Sikakap sangat merasakan sekali sulitnya mengakses internet, ini disebabkan karena sinyal Telkomsel belum 4G di Desa Sikakap, apa bila mau zoom meeting terpaksa harus ke WiFi Bakti.

“Walaupun sudah ada WiFi Bakti dan WiFi prabayar tapi jaringannya tidak bagus alias lelet, akibatnya banyak kegiatan zoom meeting yang tidak bisa saya ikuti, harapan saya kepada pihak Telkomsel agar secepatnya memasang jaringan 4G di Desa Sikakap,” katanya Senin (25/7/2022),

Sebenarnya beberapa tahun lalu pihak Telkomsel sudah datang ke Desa Sikakap melakukan survei dalam rangka rencana pemasangan jaringan 4G di Desa Sikakap, tapi sampai sekarang belum juga terealisasi. “Apa kendalanya kita juga tidak tahu,” tuturnya.

Sementara jaringan 4G sudah terpasang di beberapa dusun di Pagai Utara Selatan (PUS), seperti Desa Matobe jaringan Telkomselnya sudah 4G, di Dusun Silaoinan, Desa Taikako, Desa Silabu dan lainnya, sementara Desa Sikakap, Desa induk jaringan Telkomselnya masih belum 4G.

Anisah Pridayati Fauziah (12), pelajar, menambahkan, memang ada jaringan WiFi prabayar di rumah tapi untuk login saja susah masuknya, akibat lelet. “Untuk mencari tugas saja susah kalau mengunakan internet,” katanya.


BACA JUGA