Kapal Turis Kandas di Pulau Rua Mata, 18 ABK dan Turis Dievakuasi 

Kapal Turis Kandas di Pulau Rua Mata 18 ABK dan Turis Dievakuasi  Kapal turis KLM Kaimana Dua kandas di depan Pulau Rua Mata. (Foto: BASARNAS Mentawai)

MENTAWAI-Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai menyelamatkan 18 penumpang Kapal KLM Kaimana Dua yang kandas di Pantai Rua Mata, Desa Beriulou, Kecamatan Sipora Selatan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Akmal mengatakan, 18 orang tersebut terdiri dari 5 orang Anak Buah Kapal (ABK) dan 13 orang Warga Negara Asing (WNA), “Kapal kandas tersebut terjadi Selasa, 14 Juni 2022, pukul 24.00 WIB. Kantor Pencarian dan Pertolongan mendapat laporan dari Masyarakat, bahwa telah terjadi kecelakaan kapal kandas di Pantai Rua Mata,” katanya, Rabu (15/6/2022

Akmal mengatakan, aksi yang dilakukan adalah 13 orang sudah di pindahkan ke KM Sibon untuk dibawa ke Resort Kingfisher Mentawai di Bosua Kecamatan Sipora Utara yang rencana akan dibawa ke resort di Katiet, Sipora Utara. “Lima orang ABK tetap bertahan di Pulau Siruamata menunggu pasang dan kapal untuk menarik,” jelasnya.

Sementara berdasarkan data dari Basarnas, terdapat 18 orang yang berada di dalam kapal tersebut. Lima orang merupakan awak armada kapal. Masing-masing bernama Iskandar (Nakhoda), Herianto (KKM), Ramli, Boyke Mahmud Sirgear dan Rusliadi (ABK).

Sementara 13 orang merupakan turis asing bernama Manuel Mesquita (Portugis), Pedro Oliveira (Portugis), Macaulay Edwards (Australia), Aaron Wrights (Amerika Serikat), lalu ada lima orang lagi berasal dari Irlandia, Jack Clohessy, Colm O Dubhghaill, Max Meriman, Luk Meriman dan Eoghan Cutmore.

Kemudian Lulius Miklos (Rumania), Guilherme Fonseca (Brazil), Stanley Sugiarto (Indonesia) dan San Martin Gracia dari Spanyol. 


BACA JUGA