24 Kru Kapal dan Turis Asing Diselamatkan di Perairan Pagai Utara 

24 Kru Kapal dan Turis Asing Diselamatkan di Perairan Pagai Utara  Proses evakuasi yang dilakukan tim gabungan. (Foto: Dok SAR Mentawai)

PAGAI UTARA-Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai berhasil mengevakuasi sebanyak 24 kru kapal dan turis asing yang terkatung-katung di perairan Tumalei, Desa Silabu, Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai sekira pukul 02.30 WIB, Rabu (1/6/2022) 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai, Akmal mengatakan kapal yang mengangkut 24 penumpang dan kru kapal tersebut Bernama KLM Maki mengalami mati mesi. “Ada tujuh kru kapal dan 17 turis asing dan Indonesia,” katanya.

Akmal menambahkan awalnya tim menerima laporan sekira pukul 20.05 WIB kemarin, berdasarkan laporan tersebut Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai langsung bergerak cepat. “Pukul 20.10 WIB tim langsung menuju dermaga Tuapejat dan langsung menuju lokasi,” jelasnya.

24 orang tersebut terdiri dari 7 orang kru yakni Syamsul Bahri (66) nahkoda, Nopan Abdul Agung (45), Afendi (52), Sevix Mayten Jhonboy (38), Bayu Wira Sanjaya (36), Hariska Oktaviadi (29) dan Inaldi (33).

Sementara untuk turis asing dan lokal terdiri dari negara Afrika Selatan Justin (35), Marrison (35), Peter Charles (35), William Grant (34), David James (37), Kevin Pattrick, Andrew Elliot, Wesley James, Murray Wiliam, Shanen Kyle. Kemudian dari Inggris ada dua orang, Michael Edward (35), Steven Albert (31), lalu Wartenberg (35) dari Jerman, Michelle (Perancis). Kemudian turis dari Brasil, Ian Ferruccio dari Brasil, Ricardo Lopes, dan satu dari Indonesia Aria Kurnia Putra.

Dalam pencarian menggunakan kapal KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai, serta peralatan lainnya. “Dalam Pencarian itu melibatkan Tim Rescue SAR Mentawai, Lanal Mentawai (Pos TNI AL), Polres Mentawai (Polair), Kodim Mentawai, BPBD Mentawai, Tagana Mentawai, dan Masyarakat,” katanya.


BACA JUGA