CASN dan PPPK Mentawai 2021 Menerima Petikan SK dan Dilantik

CASN dan PPPK Mentawai 2021 Menerima Petikan SK dan Dilantik CASN yang menerima petikan SK menyalami pejabat. (Foto: Patris/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Calon Aparatur Sipil Negara Kabupaten Kepulauan Mentawai formasi 2021 telah menerima petikan Surat Keputusan (SK) oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan pada hari yang sama dilakukan pelantikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Aula Bappeda Mentawai, Selasa (19/4/2022).

Ada 92 CASN yang telah mengikuti penerimaan petikan SK, sementara PPPK non guru dan guru sebanyak 125 orang. CASN yang telah menerima petikan SK hari ini masih akan mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar).

Penyerahan petikan SK CASN Kepulauan Mentawai formasi 2021 langsung diberikan oleh Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake sementara pelantikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) oleh Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet.

Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake menegaskan kepada CASN Mentawai 2021 untuk sungguh-sungguh memberikan pelayanan kepada masyarakat Mentawai dan menghargai tugas sebagai ASN. “Hargai yang sudah anda peroleh saat ini, bekerjalah dengan baik, Tuhan pasti akan memberikan apa yang anda sudah kerjakan, walaupun anda datang ke sini dengan coba-coba berikan hatimu bekerja untuk memenuhi permintaan masyarakat Mentawai supaya masyarakat Mentawai dilayani,” kata Korta memberi arahan.

ASN yang hidupnya sudah dibiayai oleh negara mesti bekerja dengan sungguh-sungguh melayani masyarakat. “Negara sudah menyediakan ikan anda, beras anda, maka anda setiap bulan, karena itu datanglah melayani setiap hari, kalau anda tidak datang bekerja, absen terus maka anda sama dengan memakan uang yang haram,” ujar Wakil Bupati.

Korta mengingatkan CASN untuk menghargai perjuangan, sebagai ASN yang lolos masyarakat akan mendoakan untuk selalu sukses, selalu sehat dan selalu melayani. “Ketika anda tidak bekerja dengan baik, bukan doa yang datang tetapi caci maki yang datang, tetapi pada saat anda tidak hadir, tidak datang maka anda selalu dicaci maki dan itu sama dengan azab, bagaimanapun anda berdoa tetapi orang lain memberikan caci maki, kutukan kepada yang karena salah kita pasti Tuhan akan jawab, ketika kita dicaci maki dikutuk kita tidak salah pasti akan berbalik,” ujarnya.

Di waktu yang berbeda pada sesi pelantikan PPPK, Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet menyampaikan pesan kepada PPPK untuk bekerja melayani dan tidak merasa minder dengan ASN. “Jangan terpengaruh karena P3K sehingga merasa minder, merasa rendah, merasa tidak bergairah, bermanfaat dibanding dengan PNS, itu tidak boleh terjadi, anda memiliki posisi yang sangat strategis, berada paling depan, yang bisa mengembangkan SDA di desa,” ujar Bupati.

Kemudian Sekda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan menegaskan khusus kepada ASN ketika mereka 100 persen tidak minta pindah. “Kita tidak mau lagi pegawai kita yang baru ditempatkan 1-2 tahun sudah minta pindah, dia harus fokus bekerja dimana dia mengabdi, tapi kalau ada minta pindah ada konsekuensinya, tidak akan ada kenaikan pangkat, mungkin bisa diberhentikan, kita harus tegas,” kata Sekda.

Martinus juga menyampaikan hal sama kepada PPP3K tidak minta pindah. “Bajunya saja yang beda, haknya sama dengan ASN, kalau mereka minta minta itu dianggap mereka berhenti, mengundurkan diri jangan coba-coba minta pindah,” katanya tegas.

Pengadaan ASN kali ini kata Sekda Mentawai sudah sangat membantu Pemda Mentawai pada pelayanan kesehatan, pendidikan yang masih kekurangan pegawai. “Jadi kita berharap mereka betul-betul fokus sebagai ASN, PPPK untuk bekerja serius dan jangan minta pindah,” katanya.

Kondisi saat ini kata dia, masih kekurangan guru dimana yang membantu selama ini adalah tenaga kontrak, belum lagi pada pada 2023 tenaga kontrak akan ditiadakan.

“Suka tidak suka kita lakukan, kita akan ajukan formasi ke BKN dan ini yang akan menggantikan tenaga kontrak yang selama ini kita pakai, melalui seleksi PPPK, maka dari sana kita mulai benahi semua tenaga kontrak kita, termasuk CASN,” kata Sekda. 

 

BACA JUGA