Penyelam Gurita dari Pasibuat Tewas di Pulau Ragi

Penyelam Gurita dari Pasibuat Tewas di Pulau Ragi Kapolsek Sikakap Iptu Yanuar mengangkat jasad dari dalam perahu. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Pilipus Sarua Oinan (47) penyelam gurita, warga Dusun Pasibuat, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai ditemukan tewas di perairan Pulau Ragi, Desa Taikako, Selasa (19/4/2022), sekira pukul pukul 10.00 WIB.


Berdasarkan informasi yang dihimpun Mentawaikita.com, awalnya korban pergi melaut mencari gurita bersama temannya Sesa Taileleu (33) dari dusun yang sama dengan menggunakan perahu kayu dengan panjang 7 meter, lebar 60 centimeter, dengan mesin 4 PK.


Sekira pukul 08.00 WIB Pilipus dan Sesa sampai di Pulau Ragi tempat menyelam gurita, setelah melakukan beberapa persiapan Pilipus dan Sesa langsung turun menyelam ke laut mencari gurita.

 

Saat menyelam arus air kuat dan bergelombang akibatnya korban dan Sesa terpisah tak lama setelah melakukan penyelaman Sesa keluar dari laut dan naik ke perahunya sambil menunggu Pilipus keluar dari laut. Setelah menunggu beberapa lama Pilipus tidak keluar dari dalam dasar laut.

 

Melihat hal tersebut Sesa memberitahukan kepada teman-temannya sesama penyelam yang lagi mencari gurita di Pulau Ragi, mendapat informasi tersebut para pencari gurita langsung melakukan pencarian, sementara Sesa pulang ke Dusun Pasibuat untuk memberitahukan bahwa Pilipus hilang dan belum ditemukan.

 

Informasi hilangnya Pilipus Sarua Oinan disampaikan Sesa kepada Ferdinand Salamanang (47) warga Dusun Pasibuat, Desa Taikako, setelah mendapat informasi tersebut Ferdinand langsung menelpon Kapolsek Sikakap Iptu Yanuar dan BPBD kabupaten Kepulauan Mentawai.

 

Ferdinand mengatakan, dari keterangan Sesa, Pilipus ini hilang sekira pukul 09.00 WIB. “Mendapat informasi tersebut saya langsung menelpon kapolsek Sikakap Iptu Yanuar dan BPBD kabupaten kepulauan Mentawai. Tak lama setelah saya menelpon kapolsek Sikakap Iptu Yanuar bersama beberapa anggota datang ke Pasibuat, setelah mendapat informasi dari Sesa, Kapolsek Sikakap beserta tim langsung ke lokasi tempat hilangnya Pilipus di Pulau Ragi, tak lama setelah itu saya dapat informasi jasad Pilipus Sarua Oinan ditemukan sudah tidak bernyawa lagi, ucapnya.

 

Kapolsek Sikakap Iptu Yanuar, menambahkan setelah pihaknya mendapat keterangan dari Sesa Taileleu dia dan beberapa tim dengan menggunakan speed boat milik Polsek Sikakap langsung ke lokasi tempat hilangnya Pilipus, sekitar pukul 10.00 WIB jasad Pilipus ditemukan tidak bernyawa lagi dan tidak jauh dari tempat awal menyelam.

 

“Pilipus ditemukan kedalaman 10 meter oleh penyelam yang menggunakan kompresor. Setelah ditemukan jasad Pilipus ke puskesmas Sikakap untuk di visum, dan jasad Pilipus langsung diserahkan kepada istrinya, ungkapnya.


Kepala Dusun Pasibuat, Desa Taikako, Alkadius Samongilailai mengatakan, setelah mendapat informasi hilangnya Pilipus, langsung arahkan tim Satlinmas PB Pasibuat untuk melakukan pencarian. “Sekitar pukul 10.00 WIB. Pilipus ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa lagi,” katanya.

 

Warga Dusun Pasibuat kata Alkadius, memiliki Kepala Keluarga (KK) sebanyak 57 KK, dari 57 KK tersebut bermata pencarian sebagai nelayan 15 orang. "Dengan adanya kejadian seperti ini saya menghimbau kepada warga terutama sekali warga Dusun Pasibuat yang melakukan penyelaman mencari gurita agar tetap waspada, apalagi sekarang cuaca dan gelombang di perairan Mentawai tidak menentu, kalau cuaca air laut tidak bagus jangan lakukan pencarian gurita, ini demi keselamatan kita juga," jelasnya 

 

BACA JUGA