Kapal Antar Pulau di Mentawai Tak Beroperasi Karena Tak Ada BBM

Kapal Antar Pulau di Mentawai Tak Beroperasi Karena Tak Ada BBM Kapal Nade, salah satu kapal antar pulau milik Pemda Mentawai yang sedang berlabuh di Pelabuhan Pokai, Siberut Utara. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Armada yang digunakan untuk layanan transportasi penyeberangan laut antar wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai seakan tak henti dari kendala teknis setiap kali beroperasi untuk melayani penumpang yang melakukan perjalanan.

Kali ini kapal antar pulau yang akan melayani penyeberangan Tuapeijat-Siberut dan Tuapeijat-Sikakap yang sudah dijadwalkan berlayar pada Selasa, (29/3/2022) terpaksa ditunda karena alasan ketiadaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar.

Pada jadwal keberangkatan pada Selasa, (29/3/2022) Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah sempat mengeluarkan dan mengumumkan jadwal resmi keberangkatan kapal dari Tuapeijat-Siberut dan Tuapeijat-Sikakap, tetapi jadwal itu kemudian diubah karena alasan BBM jenis solar sedang kosong di tingkat penyalur.

“Jadi mau kita sampaikan bahwa pada Selasa, (29/3/2022) kapal antar pulau tidak bisa kita operasikan karena memang ketidaktersediaan BBM, tiket sudah sempat kita jual tapi ternyata BBM tidak tersedia di bagian penyalur,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tohap Martua Nababan, Senin, (28/3/2022).

Kondisi ini tegas Tohap bukan karena kerusakan kapal atau kendala cuaca. “Tetapi memang karena BBM tidak ada yang menjual karena memang sedang kosong di Tuapeijat, kalau ada pasti kita bisa upayakan kapal tetap beroperasi,” ujar Tohap.

Nikman, salah seorang petugas di salah satu SPBU di Tuapeijat menjelaskan, untuk saat ini ketersediaan solar memang sedang langka. “Kondisinya memang solar sedang kosong, termasuk di tempat kami,” katanya dikonfirmasi pada Senin, (28/3/2022).

BACA JUGA