Ruang Praktikum SMKN 2 Kabupaten Kepulauan Mentawai Sudah Rampung

Ruang Praktikum SMKN 2 Kabupaten Kepulauan Mentawai Sudah Rampung Gedung praktikum SMKN 2 Kepulauan Mentawai sudah selesai dibangun. (Foto: Hendrikus Bentar/Mentawaikita.com)

PURO-Ruang praktikum tata boga dan perhotelan SMKN 2 Kepulauan Mentawai di Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah rampung pembangunannya. Para siswa tak lagi harus praktikum ke Padang.

Serah terima proyek dilakukan Desember lalu, dengan anggaran Rp3 ,6 miliar. Proyek dilaksanakan CV Falen Karya Utama, sedangkan rehab bangunan dialokasikan anggaran Rp2,2 miliar DAK APBD Sumbar tahun 2021.

"SMKN 2 Kabupaten Kepulauan Mentawai telah membangun beberapa bangunan baru yakni ruang praktik siswa (RPS) Tata Boga, Perhotelan, labor kimia, dan MCK 9 unit merupakan bangunan baru. Sedangkan yang direhab ruang kepala sekolah, ruang kerja tata usaha, ruang kerja guru, ruang kelas 6 lokal, ruang kejuruan 2 lokal, dan 6 toilet, kalau sudah selesai pembersihan baru bisa difungsikan," kata Kepala Sekolah SMKN 2 Kepulauan Mentawai Amati Telaumbanua kepada Mentawaikita.com Kamis,(13/1/2022).

Menurut dia, dengan adanya ruang praktikum, siswa jurusan Tata Boga dan Perhotelan tak perlu lagi ke Padang untuk praktikum kecuali jurusan Maritim dan Usaha Perjalanan Wisata.

"Untuk pengadaan kapal dan mobil, akan ada tahun ini, dan rencananya untuk kapal akan dibuatkan pelabuhannya di Dusun Sarausau Desa Katurei Siberut Barat Daya, jadi kapal ini khusus jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) jadi bisa multifungsi, bisa bawa turis ke lokasi wisata juga, jadi semuanya kita fasilitasi," kata Amati.

Dia berharap semua fasilitas dapat digunakan siswa sehingga saat lulus sudah berpengalaman di bidangnya dan tidak sulit lagi cari kerja.

"Namun ada satu kendala di SMKN 2 Kepulauan Mentawai itu air bersih sangat sulit karena SMK berada di atas bukit, makanya sulit untuk menaikkan air ke atas, ada juga mesin pompa air namun terkadang tidak sanggup, namun itu akan dicari solusinya sebab sekolah juga sudah memiliki bak penampungan air," kata Amati.

BACA JUGA