Capaian Vaksin Covid-19 di Mentawai Urutan 11 di Sumbar, Ini Datanya

Capaian Vaksin Covid19 di Mentawai Urutan 11 di Sumbar Ini Datanya Grafik capaian vaksinasi di Sumatera Barat. (Foto: Dok. Lahmuddin Siregar)

SIKAKAP--Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai dosis pertama 70,81 persen sementara dosis dua 39,92 persen. Capaian vaksinasi Mentawai berada di urutan 11 dari semua kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan Pemda Mentawai akan terus menggeber capaian vaksinasi Mentawai terutama untuk usia 6-11 tahun. "Sekarang ini Dinas Kesehatan Mentawai lagi menunggu kedatangan vaksin Covid-19 untuk usia 6 tahun sampai 11 tahun, apa jenis vaksinnya belum tahu," jelas Lahmuddin kepada Mentawaikita.com, Senin (3/1/2022).

Menurut dia, selama ini ada kendala untuk pengentrian data peserta vaksin Covid-19 karena keterbatasan internet di Mentawai dan keterbatasan internet di puskesmas di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Sesuai aplikasi PCare per tanggal 31 Desember 2021, capaian vaksinasi Covid-19 di Mentawai sudah mencapai 70,81 persen tahap pertama, dan tahap kedua 39,92 persen,” katanya.

Capaian vaksinasi Covid-19 di Mentawai menurut Lahmuddin berkat kolaborasi dengan semua pihak seperti TNI-POLRI, BPBD Mentawai, camat yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, kepala desa dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu dalam ikut serta Penanganan Penyebaran Covid 19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Walaupun kita sudah divaksin Covid-19, protocol kesehatan masih tetap dijalankan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau handsanitizer, menjaga jarak minimal 1 meter sampai 1, 5 meter, mengurangi mobilisasi keluar rumah, dan menjauhi keramaian," jelasnya.

BACA JUGA