Balai Bahasa Sumbar Bukukan 5.622 Kosakata Mentawai dalam Kamus Mentawai-Indonesia

Balai Bahasa Sumbar Bukukan 5622 Kosakata Mentawai dalam Kamus MentawaiIndonesia Camat Sikakap, Viktor menerima Kamus Bahasa Mentawai-Indonesia dari perwakilan Balai Bahasa Sumatera Barat. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Balai Bahasa Sumatera Barat berhasil bukukan 5.622 kosa kata Bahasa Mentawai, kosa kata tersebut sudah dibuat dalam bentuk kamus Bahasa Mentawai-Indonesia. Pada Rabu (29/12/2021), Balai Bahasa menyerahkan kamus tersebut kepada Camat Sikakap, Viktor.

"Kedatangan kami dari Balai Bahasa untuk menyerahkan hasil kerja kami tahun 2021 kepada Camat Sikakap, dan beberapa narasumber yang ikut terlibat dalam penyusunan kamus bahasa Mentawai Indonesia, sebanyak 5.622 kosa kata berhasil kita masukkan dan tulis dalam kamus Bahasa Mentawai Indonesia, kamus baru akan diluncurkan tahun depan,” jelas Diana, Ketua Tim Penyusun Kamus Bahasa Mentawai-Indonesia, Rabu (29/12/2021).

Lebih lanjut Diana menyebutkan, penyusunan kamus bahasa Mentawai-Indonesia sudah dimulai sejak 2019, tim penyusun kamus dari Balai Bahasa Sumbar memulai dari Pulau Siberut, setelah mendapat saran dari beberapa tokoh masyarakat Mentawai bahwa bahasa Mentawai yang mudah dipahami dan dimengerti berasal dari Pagai Utara Selatan.

“Berdasarkan saran tersebut awal tahun 2021 tim penyusun kamus bahasa Mentawai-Indonesia mulai mengumpulkan data dan kosa kata bahasa mentawai. Tim Penyusun Kamus Bahasa Mentawai Indonesia langsung mendatangi narasumber ke rumahnya, atau narasumber datang ke penginapan,” katanya.

Penyusunan kamus menurut Diana tak luput dari kerjasama pemerintah kecamatan, pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat Mentawai.

"Berkat kerjasama semua pihak yang telah bersedia menjadi informan dan narasumber, tim penyusun berhasil menyusun dan membukukan 5.622 kosa kata," katanya.

Victor, Camat Sikakap, mengatakan walaupun kamus masih membutuhkan perbaikan, tapi sebagai warga Mentawai dirinya sangat merasa bangga kerena bahasa Mentawai dibuatkan kamus Bahasa Mentawai-Indonesia.

"Harapan kami kamus Bahasa Mentawai-Indonesia yang disusun sekarang secepatnya disebarkan sebab sebab ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami warga Mentawai," katanya.

San Andi Iklas, salah satu narasumber mengatakan, bahasa Mentawai yang mudah dimengerti itu bahasa Mentawai dari Pagai Utara Selatan (PUS), sebab bahasa Mentawai PUS sebagian besar  digunakan dalam Alkitab.

"Adanya kamus bahasa Mentawai Indonesia menjadi kebanggaan bagi kita semua, apa lagi Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu daerah tujuan wisata terutama dari pengunjung mancanegara,” ungkapnya.

BACA JUGA