Puluhan Rumah di Sikakap Tergenang Banjir Rob

Puluhan Rumah di Sikakap Tergenang Banjir Rob Banjir rob di Desa Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Sekira pukul 17.00 WIB pasang air laut naik, akibatnya puluhan rumah dan beberapa ruas jalan raya di Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai digenangi banjir rob.

Jalan raya di Desa Sikakap yang digenangi banjir rob adalah jalan raya Dusun Sikakap Tengah, jalan Raya di Dusun Sikakap Timur, ke dalam air diperkirakan 5 sentimeter sampai 10 sentimeter. Bagi pengendara sepeda motor yang ingin melewati jalan raya tersebut terpaksa mencari jalan alternatif seperti jalan gang becak, Dusun Sikakap Timur keluarnya jalan gang becak Dusun Sikakap Tengah.

Sementara banjir ROB yang menggenangi jalan di depan Pastoran Sikakap tidak ada jalan alternatifnya, bagi pengendara sepeda motor dari Desa Sikakap tujuan Desa Matobe atau sebaliknya dari Desa Matobe tujuan Desa Sikakap terpaksa harus melewati jalan yang tergenang air laut, atau menunggu pasang air laut surut sekitar pukul 19.00 WIB. Rumah yang digenangi banjir ROB pada umumnya rumah yang berada di tepi pantai.

"Dua Minggu lalu pasang air juga naik, sampai ke dalam rumah, melihat hal itu pintu rumah dan pintu bengkel ditinggikan dengan lobrik yang disusun lalu di plester dengan semen, dan sekarang air tidak masuk ke dalam rumah, tapi pekarangan rumah digenangi air laut," ungkap Nirhan Syahnur (46), warga Dusun Sikakap Tengah, Desa Sikakap, Sabtu (4/11/2021)

Nirhan menyebutkan, kemarin Jumat (3/12) pasang air laut juga naik, hari ini lebih besar lagi, kalau kemarin Jumat air laut tidak sampai ke jalan sekarang sudah sampai ke jalan. “Biasanya banjir rob ini terjadi satu kali dalam setahun sekarang hampir tiap bulan kalau bulan muncul,”ungkapnya.


BACA JUGA