Banjir Rob Menerjang Muara Siberut dan Puro

Banjir Rob Menerjang Muara Siberut dan Puro Banjir rob di permukiman warga Muara Siberut. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUARASIBERUT-Banjir rob yang terjadi pada Jumat (3/12/2021) setinggi 30 cm  membuat aktivitas Muara Siberut dan Puro Desa Muara Siberut Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai terkendala, air laut bahkan sudah memasuki rumah warga.

"Saat ini banjir rob sudah hampir 3 hari ini menggenangi rumah warga di Muara Siberut dan Puro Desa Muara Siberut. Banjir rob ini makin hari makin tinggi sebelumnya belum masuk kedalam rumah sekarang air sudah sampai di lantai rumah membuat barang barang kami basah," kata Hidayat (20) warga Muara Siberut kepada Mentawaikita.com, Jumat, (4/12/2021).

Setiap jalan di Muara Siberut sudah tergenang banjir rob membuat roda dua tidak bisa lewat, kendaraan mereka parkirkan di jalan yang tidak tergenang banjir. “Kalau sudah surut baru kami ambil kembali motor itu, kita tidak tahu mengapa banjir ini besar, apakah tanah kita sudah rendah,” ujarnya.

Untuk menyelamatkan barang-barang warga meletakkannya di tempat yang lebih tinggi baik itu di kursi maupun di meja. “Kalau banjir rob sudah waktunya kami sibuk membongkar barang barang untuk di pindahkan, mudah-mudahan banjir ini tidak besar lagi dan cepat surut kembali sehingga aktivitas kami kembali normal,” ungkap Hidayat.

Manuel(37) warga Puro yang terkena dampak menambahkan, banjir rob ini khususnya di dusun Puro sudah sering terjadi dan menggenangi pemukiman masyarakat khususnya yang tinggal didekat sungai.

"Sebelumnya di Dusun Puro ini memang tidak ada banjir rob setinggi ini, memang pasang naik ada tapi tidak begitu besar,kalau di wilayah Puro banjir rob setinggi satu meter lebih, banjir rob akan naik pada jam 15.00 dan akan surut pada malam hari,” tutupnya.


BACA JUGA