Dukung Perkebunan Cengkeh Warga, Pemdes Sirilogui Bangun Jalan

Dukung Perkebunan Cengkeh Warga Pemdes Sirilogui Bangun Jalan Pembangunan jalan ke kebun cengkeh warga. (Foto: Dok Pemdes)

SIRILOGUI-Sebagai desa penghasil cengkeh terbesar di Kecamatan Siberut Utara, pemerintah Desa Sirilogui Kecamatan Siberut Utara memberikan dukungan kepada masyarakat dalam bentuk memudahkan akses jalan menuju lokasi perkebunan.

"Sebagai desa penghasil cengkeh kita dukung masyarakat dengan membangun jalan agar akses masyarakat ke lokasi kebun lebih mudah", kata Herlin Roiko Kepala Desa Sirilogui pada Mentawaikita.com, Kamis (2/12/2021).

Kata Roiko, jalan rabat beton yang dibangun tahun ini sepanjang 170 meter dengan anggaran Rp111 juta dari dana desa (APBN) yang terletak di Sitdurut. "Baru kita lakukan monitoring dan pembangunannya sedang berlangsung", katanya.

Desa Sirilogui pada saat panen raya cengkeh 5-7 tahun lalu hasil panen buah cengkeh kering warga ada yang mencapai 1 ton per kepala keluarga. Ini untuk warga yang memiliki kebun cengkeh diatas 2 hektar. Sementara warga lainnya rata-rata panen 100 hingga 300 kg. "Kalau panen raya satu keluarga itu hasil panennya bisa mencapai 1 ton. Apalagi kalau harga dulu bisa mencapai Rp100 ribu per kilogram", katanya.

Meski harga cengkeh saat ini hanya mencapai Rp60 ribu pada panen tahun lalu, namun pemerintah desa tetap memberikan dukungan kepada masyarakat dalam merawat dan menanam cengkeh di lahan yang mereka miliki. "Kalau untuk bibit sudah diusahakan oleh masyarakat secara mandiri. Hanya saat ini bagaimana membuat mereka lebih mudah ke ladang seperti pakai sepeda motor,” katanya. 


BACA JUGA