Bandara Rokot Ditargetkan Selesai Agustus 2022

Bandara Rokot Ditargetkan Selesai Agustus 2022 Menteri Perhubungan Repulik Indonesia Budi Karya Sumadi (tengah) meninjau lokasi pembangunan Bandara Rokot di Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai berbincang dengan kontraktor didampingi Wagub Sumbar, Bupati dan Wakil Bupati Mentawai. (Foto: Patrisius/Men

TUAPEIJAT-Menteri Perhubungan Repulik Indonesia Budi Karya Sumadi menargertkan penyelesaian perluasan Bandar Udara Rokot, Sipora akan rampung pada Agustus 2022. Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke Mentawai melihat perkembangan pembangunan Bandar Udara Rokot, di Sipora pada Sabtu, (20/11/2021).

“Kita targetkan Agustus 2022 selesai kita mengundang pak presiden untuk ke sini karena di sini ada juga jalan trans Mentawai yang sudah ada sehingga Mentawai menjadi tujuan pariwisata,” kata Budi Karya Sumadi usai monitoring pembangunan Bandara Rokot.

Kata Budi, Mentawai merupakan pulau terluar atau perbatasan yang memang membanggakan untuk turis, karena banyak sekali kegiatan turis yang ada di Mentawai. “Dan kami sebagai Kementrian Perhubungan ditugaskan presiden untuk mendukung terjadinya konektivitas di daerah terluar dan perbatasan, dan juga harus membantu pariwisata, jadi tugas kami itu ganda,” katanya.

Menteri Perhubungan juga berharap dengan kekompakan pada jajaran di Pemda Mentawai dapat mendukung percepatan penyelesaian Bandara Rokot. “Kekompakan ini harus juga mendukung penyelesaian bandara ini, kita rencanakan agustus 2022, nanti kontraktor adhi karya alat ditambah dan personil ditambah sehingga penyerapan cepat," ujar Budi.

Budi Karya juga berjanji untuk percepatan konektivitas transportasi Sipora menghubungkan Siberut, Sipora menghubungkan Pagai. “Pak Bupati minta bagaimana tu menghubungkan Siberut-Sipora, kemudian Sipora-Pagai nanti saya minta ke pak Presiden Sipora-Siberut kita adakan tahun depan (2022), Sipora-Pagai kita adakan 2023, kita membuat Mentawai ini maju,” ujar Menteri Budi Karya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet merasa senang dengan perhatian presiden melalui menteri perhubungan.

“Kami optimis Mentawai akan lepas status 3T, kita karena satu-satunya 3T di Sumatera Barat, kami merasa terhormat karena perhatian pak menteri dan pak presiden, trans Mentawai dibangun sejak 2014 juga kami berharap menjadi perhatian pak presiden untuk mentawai yang maju,” kata Yudas.

Kunjungan Menteri Perhubungan Repulik Indonesia Budi Karya Sumadi didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mendarat di Bandara Rokot, disambut Bupati dan Wakil Bupati Mentawai, Forkopimda, dan sebagian Kepala OPD di Mentawai. 


BACA JUGA