BPN Mentawai Serahkan 794 Sertifikat Tanah Warga Desa Makalo

BPN Mentawai Serahkan 794 Sertifikat Tanah Warga Desa Makalo Kepala Desa Makalo Delti Hardi (baju putih) menerima sertifikat tanah masyarakat Desa Makalo yang diserahkan oleh Rahmat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). (Foto: dok Delti Hardi)

PAGAISELATAN--Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kepulauan Mentawai menyerahkan 794 sertifikat tanah warga Desa Makalo, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, pada Jumat (12/11/2021).

Kepala Desa Makalo, Delti Hardi mengatakan, sertifikat yang diserahkan itu untuk 794 bidang tanah pertanian, belum termasuk untuk perumahan, pengurusan sertifikat gratis melalui program Prona.

“Sertifikat yang keluar sekarang ini merupakan pengukuran tanah pada 2019 lalu yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional Mentawai,” kata Delti kepada Mentawaikita.com, Selasa (16/11/2021).

Untuk memudahkan warga untuk mengambil sertifikat tanahnya, Pemerintah Desa Makalo langsung datang ke kantor BPN Kabupaten Kepulauan Mentawai mewakili masyarakat, jelas Delti.

Saat ini, Pemerintah Desa Makalo telah mengusulkan pembuatan sertifikat 3.000 bidang tanah kepada BPN, khusus untuk tanah perumahan dan perladangan masyarakat. Pengukuran tanah direncanakan pada Januari 2022, katanya menambahkan.

“Bagi masyarakat Desa Makalo yang ingin membuat sertifikat tanah hanya perlu menyediakan kopian KTP sementara surat keterangan kepemilikan tanah akan dibuatkan nanti oleh Pemerintah Desa Makalo,” katanya.

Desa Makalo terdiri dari 6 dusun yakni Dusun Parak Batu 132 KK, Dusun Teluk Pulei 115 KK, Dusun Mapoupou 134 KK, Dusun Bere 89 KK, Dusun Makalo 105 KK, dan Dusun Tubeket 82 KK.

"Masyarakat yang belum ada sertifikat tanahnya agar dapat mengurus surat keterangan kepemilikan tanah di Kantor Desa Makalo, bagi yang belum memiliki KTP silahkan urus secepatnya KTP karena  menjadi syarat dalam pengurusan sertifikat tanah,” katanya.

BACA JUGA