Sejumlah Jembatan di Madobag Rusak Usai Banjir

Sejumlah Jembatan di Madobag Rusak Usai Banjir Jembatan Batkalumatei di Dusun Malelet Desa Madobag yang rusak usai banjir minggu lalu. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MADOBAG-Sejumlah jembatan di Desa Madobag Kecamatan Siberut Selatan Kepulauan Mentawai risak akibat banjir yang terjadi JUmat (4/11/2021). Salah satunya jembatan yang berada Batkalumatei atau sungai Dusun Malelet.

"Jembatan saat ini sudah sudah roboh, bantalan jembatan sudah terbawa banjir sehingga saat banjir surut kayu tidak lagi pada tempatnya,dan papan dan kayu juga sudah terbawa arus banjir," kata Kepala Dusun Malelet, Yohannes Samalelet kepada Mentawaikita.com, Senin (15/11/2021).

Untuk memperbaiki jembatan, Yohannes akan mengadakan gotong royong bersama warga termasuk memberikan bantalan papan hingga pengendara roda dua dan pejalan kaki bisa melewati jembatan lagi.

“Dana gotong royong akan dibantu oleh Pemerintah Desa,” katanya.

Sementara Kepala Dusun Kulukubuk, Martinus Suili mengatakan di wilayahnya ada tiga jembatan yang rusak  akibat banjir namun masih bisa dilewati meskipun papan mulai rusak.

Warga Madobag, Antonius (30) mengatakan, jembatan di Desa Madobag sudah banyak yang rusak sebelum banjir misalnya bantalan papan yang mulai lapuk. Akibatnya saat hujan, orang yang lewat rentan jatuh atau terpeleset karena licin.

“Kami mengharapkan jembatan yang rusak segera diperbaiki sebab jembatan ini sangat penting, jika tidak maka warga terpaksa naik pompon melalui sungai yang biayanya mahal,” katanya.

BACA JUGA