Sebulan Jelang Natal, Harga Sembako Naik di Sikakap

Sebulan Jelang Natal Harga Sembako Naik di Sikakap Seorang ibu sedang berbelanja di Pasar Sikakap. Harga kebutuhan sejumlah bahan pokok naik. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Sebulan menjelang Natal harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar Desa Sikakap, Mentawai mengalami kenaikan seperti minyak goreng, cabai dan telur.

Cabai yang biasanya Rp44 ribu per kilogram naik menjadi Rp55 ribu per kilogram. Minyak goring curah naik Rp2 ribu per kilogram menjadi Rp19 ribu, demikian juga minyak goreng kemasan. Harga telur juga naik tajam dari Rp36 ribu menjadi Rp45 ribu per karton.

"Harga naik karena musim hujan sehingga hasil panen turun dan stok di pasar berkurang, di Padang saja sekarang stok cabai merah menipis, akibatnya para pedagang berebutan membeli cabai merah," kata Hen Tamar (56), pedagang bumbu masak di Desa Sikakap, kepada Mentawaikita.com pada Jumat (12/11/2021).

Dia mengaku harga sembako yang cukup tajam naiknya minyak goreng curah sehingga saat ini tokonya hanya menyediakan kinyak goreng kemasan.

"Kalau masalah penjualan bumbu masak untuk sekarang belum ada pengaruh penjualan, sebab hari Minggu KMP Gambolo tidak masuk ke Sikakap, akibatnya pembeli bumbu masak berpacu untuk membeli bumbu masak, Rabu lalu cabai merah saya datangkan dari Padang sebanyak 100 kilogram sekarang sudah habis, sementara bawang merah didatangkan 150 kilogram tinggal lagi sekitar 10 kilogram," ungkapnya.

Harga sembako yang naik membuat ibu-ibu mengeluh, salah satunya Supriani (37). "Karena kita butuh mau tidak mau terpaksa harus di beli juga seperti cabai merah, bawang merah, dan bumbu masak lainnya, sebab bumbu masak merupakan kebutuhan harian untuk membuat sambal dan gulai dirumah, harapan kami para ibu-ibu supaya Pemerintah dapat mengontrol naiknya harga bumbu masak, apa lagi mau masuk natal dan tahun baru," tuturnya.

BACA JUGA