Bumdes Panitikat Makalo Mendapat Bantuan Satu Unit Mobil 

Bumdes Panitikat Makalo Mendapat Bantuan Satu Unit Mobil  Kepala Desa Makalo Delti Hardi berfoto dibelakang mobil untuk Bumdes Panitikat. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

MAKALO-Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Panitikat, Desa Makalo, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat bantuan satu unit mobil pick up colt l300 dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Kita sangat merasa bersyukur sekali Bumdes mendapat bantuan satu unit mobil yang belakangnya diberi atap, lengkap dengan tempat duduk di belakangnya, sekarang ini mobil tersebut tinggal serah terima dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan Pemerintah Desa Makalo, mobil tersebut nanti akan dikelola oleh Bumdes, selain untuk mobilisasi hasil pertanian, perikanan, mobil tersebut diperuntukan untuk mobilisasi anak sekolah yang tinggal di KM 39 yang sekolahnya di KM 37,"kata Kepala Desa Makalo Delti Hardi, Senin (8/11/2021).

Delti menyebutkan, sesuai informasi yang diterima mobil bantuan tersebut sekarang lagi uji kir di Padang. Di KM 39 ada sekitar 50 generasi penerus Desa Makalo yang tinggal disana mereka sekolah di KM 37 Desa Malakopa.

“50 orang tersebut sekolah di SMP dan SMA di KM 37, mereka berasal dari Dusun Parakbatu , Teluk Pulai, dan Mapoupou, selama ini mereka pergi sekolah berjalan kaki sejauh 4 km pulang pergi, hati siapa yang tidak merasa kasihan melihat hal itu,” ujarnya.

Selain untuk angkutan anak sekolah mobil tersebut juga akan diperuntukkan untuk mobilisasi masyarakat yang akan menjual hasil pertanian ke pengumpul di Desa Sikakap, seperti pisang, jengkol, pinang, dan lainnya.

Warga Desa Makalo yang berladang di KM 32, KM 35, KM 37, dan KM 39 Para Batu ada sekitar 40 persen, mereka tinggal disana sambil berladang pisang, nilam, jengkol, durian, dan lainnya. Masalah minyak dan upah sopir nanti akan dimusyawarahkan kepada masyarakat berapa ongkos yang dipungut untuk anak sekolah, masyarakat, kalau mobil di sewa berapa uangnya.

"Walaupun begitu Pemerintah Desa Makalo tetap akan melakukan pengawasan terhadap pengelolaan mobil tersebut,"ungkapnya


BACA JUGA