Pemerintah Desa Makalo Salurkan 6 Sulingan Nilam untuk Kelompok Tani

Pemerintah Desa Makalo Salurkan 6 Sulingan Nilam untuk Kelompok Tani Alat suling nilam yang disalurkan Pemdes Makalo untuk dua kelompok tani desa. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

PAGAISELATAN—Pemerintah Desa Makalo Kecamatan Pagai Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai menyalurkan enam sulingan nilam untuk dua kelompok tani di Dusun Mapoupou.

Dua kelompok tani yang mendapatkan bantuan sulingan nilam dari Pemerintah Desa Makalo yakni kelompok tani Stavet KM 32 sebanyak 3 unit sulingan nilam, dan kelompok tani Silainang, mendapatkan 3 unit sulingan nilam.

Kepala Desa Makalo, Delti Hardi mengatakan, Covid-19 menyebabkan ekonomi masyarakat menurun, petani pisang misalnya kini tidak bisa leluasa menjual hasil panennya karena turunnya permintaan dari penampung.

"Sekarang ini harga nilam sangat bagus sekali di penampung minyak nilam di Desa Sikakap, Rp550 ribu sampai Rp560 ribu per kilogram, karena itu Pemerintah Desa Makalo memberikan bantuan 6 unit sulingan nilam," jelas Delti, Kamis (4/11/2021).

Menurut Delti, program bantuan sulingan nilam ini merupakan program kepala desa periode sebelumnya. “Saya tinggal menyalurkan saja lagi,” katanya.

Ada sekira 10-12 hektar ladang nilam yang akan dikelola kelompok, masing-masing anggota kelompok mendapat jatah mengelola 0,5 hektar ladang.

Selain memberikan bantuan alat suling nilam, Pemdes Makalo juga member bantuan kayu dan seng untuk membuat pondok penyulingan.

Selain memberikan bantuan alat suling, Pemdes Makalo juga memberi bantuan alat tangkap untuk kelompok nelayan.

"Semoga saja bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Desa Makalo yang sumber dananya diambil dari Anggaran Dana Desa 2021, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, dengan meningkatnya ekonomi masyarakat bisa berpengaruh terhadap pendidikan, kami dari Pemerintah Desa Makalo akan tetap memantau dan melakukan pembinaan kepada masyarakat supaya bantuan yang telah kita salurkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin," katanya.

BACA JUGA