50 KK di Desa Muara Siberut Mendapat Bantuan Bedah Rumah

50 KK di Desa Muara Siberut Mendapat Bantuan Bedah Rumah Salah satu rumah bedah di Puro Desa Muara Siberut (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUARASIBERUT-Sebanyak 50 Kepala Keluarga di Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapatkan bantuan bedah rumah dari Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) dengan ukuran 6x6 meter dengan biaya Rp23 juta lebih setiap rumah.

"Desa Muara Siberut saat ini mendapat bantuan rumah Bedah dari Dinas PUPR sebanyak 50 unit dan saat ini dalam proses pengumpulan material oleh pemilik rumah. Rumah bedah ini memang usulan masyarakat kepada bupati dan baru tahun ini terealisasi,"kata Kepala Desa Muara Siberut Andrya Budi Agung, Senin (25/9/2021).

Namun Andrya tidak tahu persis petunjuk dan tekniknya apakah yang mendapat rumah bedah layak atau tidak, kelayakan penerima belum jelas. “Saya belum ada laporan dari fasilitator, saya harapkan mereka datang di kantor supaya saya tahu seperti apa Juknisnya dan apakah rumah bedah ini tepat sasaran,” katanya.

Yang jelas pembangunan bedah rumah ini dalam proses dan dia berharap bisa selesai dan tak ada kendala, dan rumah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Warga yang mendapat bantuan David (37) mengatakan, bantuan rumah ini berukuran 6x6 meter dengan bahan kayu, atap seng sebanyak 3 kodi, jadi semuanya dibantu mulai dari paku, kayu, seng dan upah tukang, namun sistemnya pemasok yang mengantarkan langsung seng, paku dan kebutuhan lainnya, pemilik rumah tinggal membangun saja.

"Yang mendapat bantuan khusus untuk Desa Muara Siberut, kalau rumah saya ini sudah selesai atapnya sudah di pasang dan dindingnya juga sudah ada, tinggal dapur yang kami pikirkan kalau ada uang kami sambung lagi, ini kan bantuan ia secukup anggaran saja,namun kita sudah sangat berterima kasih kepada Pemerintah yang telah membantu masyarakat,"kata David.

Sebagian warga masih ada yang membangun dan ada juga yang sudah siap, tergantung bahan kalau bahan ada cepat selesai. “Kalau untuk rumah saya sendiri sudah siap, tinggal pembuatan pintunya,” ujar David.


BACA JUGA