Memotivasi Pelajar di Daerah Tertinggal

Memotivasi Pelajar di Daerah Tertinggal Kapolsek Sikabaluan, Iptu. Edi Surya memberikan motivasi pada sekelompok pelajar SMPN 4 Siberut Utara. (Foto:Bambang Sagurung/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Kanisius Subrata, salah seorang pelajar SMPN 4 Siberut Utara yang ada di Dusun Malancan Desa Malancan Kecamatan Siberut Utara Kepulauan Mentawai terlihat antusias mendengarkan motivasi yang disanpaikan Iptu. Edi Surya, Kapolsek Sikabaluan di sela acara vaksinasi di SMPN 4 Siberut Utara pada Jumat (15/10/2021).

Mengambil sudut ruang salah satu lokal, Iptu. Edi Surya mengobrol ringan dengan beberapa pelajar baik yang sudah mendapat vaksinasi maupun yang sedang menunggu antrian. Ada yang berdiri santai dihadapan kapolsek ada juga yang duduk dan memangku badan di atas meja.

"Ternyata polisi itu ramah," kata Kanisius.

Sepengetahuan dirinya polisi itu terlihat menakutkan karena kegiatannya menangkap orang yang mencuri dan maling uang rakyat. Jarang melihat polisi mengobrol santai dengan anak-anak.

"Beberapa polisi ada saya lihat bersama dengan orangtua. Tapi dengan bapak ini dia bicara santai dengan kami," katanya.

Kapolsek Sikabaluan, Iptu. Edi Surya mengatakan di waktu senggang sebagai pengayom masyarakat menyempatkan diri untuk membarikan dorongan atau dukungan agar terjaga kondisi masyarakat yang aman dan damai. Terutama di kalangan pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

"Kita memberikan motivasi pada pelajar agar ke depan apa yang mereka cita-citakan dapat terwujud," katanya pada Mentawaikita.com, Jumat (15/10/2021).

Diceritakan Kapolsek Sikabaluan, dalam obrolan santai dengan pelajar dia menanyakan apa yang menjadi cita-cita mereka ke depan. Ada yang mau jadi polisi, tentara, guru dan lainnya. Dari cita-cita itu kapolsek memberikan motivasi.

"Dari cita-cita mereka kita ingatkan untuk hidup sehat misalnya rajin olahraga, tidak merokok dan rajin belajar serta tidur teratur," katanya.

Dari pengalaman yang ada, ģenerasi Mentawai yang banyak gagal ikut tes masuk polisi dan TNI karena soal kesehatan seperti sesak napas karena merokok, kurang perawatan gigi.

"Kita ingin generasi Mentawai itu mampu bersaing dengan generasi daratan lainnya seperti pada tes polisi atau TNI. Karena selama ini generasi Mentawai hanya mengejar kùaota khusus untuk Mentawai sementara untuk umum banyak peluang," katanya.

Dari segi hobi, Iptu. Edi Surya mengatakan olahraga yang banyak digemari generasi muda Mentawai yaitu bola kaki dan bola voli. Namun untuk menjadi pemain di klub bola atai voli sangat jarang atau tidak ada sama sekali. Misalnya untuk masuk tim Semen Padang atai ikut lomba Liga I.

"Secara fisik orang Mentawai kuat. Namun karena mengandalkan fisik sehingga tidak berhasil karena segala sesuatunya membutuhkan fisik dan pikiran," katanya.

Kalau dari segi gizi menurut Iptu. Edi Surya, orang Mentawai makanannya bergizi dan sehat karena makanannya banyak yang alami. Seperti pisang, keladi, sagu. Masaknya juga dilakukan secara alami.

"Namun karena tidak menjaga kesehatan seperti kurang istirahat, tidak belajar dengan serius dan banyak yang merokok membuat badan tidak sehat. Dengan adanya hobi atau cita-cita mereka perlu kita memberikan dorongan agar mereka termotivasi," katanya.

BACA JUGA