Puskesmas Saibi Targetkan Vaksinasi Pelajar Tuntas

Puskesmas Saibi Targetkan Vaksinasi Pelajar Tuntas Petugas medis Puskesmas Saibi Samukop sedang menyuntikkan vaksin kepada pelajar di SMPN 1 Siberut Tengah. (Foto: Patrisius Sanene/Mentawaikita.com)

SAIBISAMUKOP- Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di wilayah Siberut Tengah, Puskesmas Saibi Samukop menggelar vaksinasi untuk pelajar tingkat SMP dan SMA yang ada di wilayah Kecamatan Siberut Tengah, Kepulauan Mentawai.

Ditargetkan penyuntikan vaksin kepada pelajar SMP dan SMA tercapai 100 persen. "Kalau target kita 100 persen anak sekolah dapat semua, karena syaratnya kalau tidak divaksin belum bisa ikuti PTM di sekolah," kata Kepala Puskesmas Saibi Samukop, Mariani Fransiska.

Mariani juga berharap vaksin untuk masyarakat di wilayah tercapai 100 persen. "Harapan kita vaksinasi untuk masyarakat harus tercapai 100 persen, sehingga dapat memperkecil resiko terpapar Covid-19," ujar Mariani.

Sasaran riil vaksinasi di wilayah Siberut Tengah itu sekira 6.125, untuk saat capaian vaksinasi baru 22,7 persen. "Ini sedang berproses dan target kita  capai 100 persen," ucap Mariani.

Dijelaskannya, penyuntikan vaksin kepada pelajar penting dilakukan untuk meminimalisir klaster di sekolah. "Kita meminimalisir terbentuknya klaster baru di sekolah, minimal kalau terpapar gejalanya ringan ketika sudah mendapatkan vaksin," jelas Mariani.

Saat ini vaksinasi untuk pelajar SMA sudah terlaksana 100 persen untuk dosis pertama, sedangkan pelajar SMP sedang berjalan.

“Di daerah hulu Simoilalak dan Sirisurak itu sudah semuanya, menunggu penyuntikan dosis kedua lagi," ujar Mariani.

Proses vaksinasi di Siberut Tengah berjalan lancar meskipun masih ada warga yang menolak namun menurut Mariani hal itu wajar karena masih pentingnya eduksi.

"Kalau sulit sih tidak, di lapangan tetap kita temukan masyarakat yang menolak, dan kita pahami itu karena memang masih perlu edukasi, kalau selama ini kita melaksanakan banyak antusias masyarakat ketimbang yang menolak, mungkin saja masih terus diberi pemahaman kepada masyarakat," ujarnya.

Usai vaksin pelajar di SMPN 1 Siberut Tengah, target selanjutnya akan dilakukan vaksinasi kepada pelajar di SMPN 2 Siberut Tengah.

BACA JUGA