Gempa 5,2 di Agam Terasa Sampai di Siberut

Gempa 52 di Agam Terasa Sampai di Siberut Peta lokasi gempa di Agam

SIBERUT-Gempa yang terjadi pada pukul pukul 16.02 WIB di perairan Kabupaten Agam, Sumatera Barat juga terasa sampai di Siberut. Gempa dengan magnitude 5,2 sempat membuat panik warga Muara Siberut Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

"Gempa ini terjadi sekira pukul 16.02 WIB, saya sedang istirahat tiba-tiba rumah bergoyang, awalnya saya kira bukan gempa namun karena guncangannya lama makanya saya terbangun memastikan kondisi apakah guncangan makin kuat atau tidak lama, namun guncangannya tidak terlalu besar namun durasinya lama," kata Kornelius, warga Puro kepada Mentawaikita.com Minggu (12/9/2021).

Sementara Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan  hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,2 yang sebelumnya 5,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,5° LS ; 99,69° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 42 kilometer arah Barat Daya Kota Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada kedalaman 57 kilometer. 

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktifitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar (oblique thrust fault).  Hasil pemodelan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” paparnya.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bukittinggi, Payakumbuh, Solok Selatan, Pesisir Selatan III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), di Padang, Padang Panjang II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), di Muko-Muko II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 


BACA JUGA