Kemensos RI Tambah 24 KPM Penerima PKH di Silabu dan Betumonga

Kemensos RI Tambah 24 KPM Penerima PKH di Silabu dan Betumonga Warga Pagai mencairkan dana di BRILINE di Desa Sikakap (Foto : Supri/MentawaiKita

PAGAI UTARA—Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menambah 24 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH) baru untuk Desa Silabu dan Desa Betu Monga, Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2021.

KPM tersebut berasal dari Desa Silabu 11 KPM dan Desa Betu Monga 13 KPM. "Data langsung dikeluarkan oleh Kemensos RI," kata Gelpinus Tasilipet, Pendamping PKH Desa Silabu dan Desa Betu Monga, Kecamatan Pagai Utara kepada MentawaiKita.com, Selasa (7/9/2021).

Ia menyebutkan, sebelumnya di Desa Silabu penerima PKH sebanyak 124 KPM tambah 11 KPM total KPM tahun 2021 di Desa Silabu menjadi 235 KPM,  sementara di Desa Betu Monga sebanyak 106 KPM ditambah 13 KPM total menjadi 119 KPM.

Adapun nominal bantuan yang akan diterima KPM baru ini sama persis dengan KPM PKH yang sudah ada yakni Ibu Hamil Rp 3 juta per tahun, Anak Usia Dini Rp 3 juta per tahun, Anak sekolah SD Rp900 ribu per tahun, Anak SMP Rp1,5 juta per tahun, anak sekolah SMA Rp 2 juta per tahun. 

Sementara lanjut Usia dan disabilitas akan menerima masing-masing Rp2,4 juta per tahun.

Gelpinus Tasilipet menyebutkan dana PKH langsung masuk ke rekening KPM yang pencairannya dalam satu tahun sebanyak empat tahap yakni, tahap pertama di bulan Januari, tahap kedua April, tahap ketiga Juli, dan tahap keempat pada Oktober.

"Pencairan dana PKH bisa dilakukan di BRI atau di Briline, kepada penerima bantuan PKH pergunakanlah dana tersebut sebaik mungkin terutama sekali untuk kebutuhan anak sekolah atau kebutuhan rumah tangga," ujarnya.


BACA JUGA