Kapal Antar Pulau Penuh, Penumpang Asal Siberut Selatan Menuju Tuapeijat Tak Bisa Naik

Kapal Antar Pulau Penuh Penumpang Asal Siberut Selatan Menuju Tuapeijat Tak Bisa Naik KM Simatalu, kapal antar pulau yang melayani penumpang dari Siberut menuju Tuapeijat, Sipora singgah di Pelabuhan Maileppet namun tak menaikkan penumpang karena sudah penuh. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUARASIBERUT-Puluhan penumpang kapal antar pulau dari Muara Siberut Kecamatan Siberut Selatan menuju Tuapeijat di Pulau Sipora batal berangkat, Senin (6/9/2021) karena kapal sudah penuh penumpang dari Siberut Utara dan Siberut Barat.

Kapal antar pulau ini membawa penumpang dari Siberut Barat, lalu menyisir terus ke pelabuhan Pokai menaikkan penumpang dari Siberut Utara, Siberut Tengah dan pelabuhan Maileppet di Siberut Selatan. Namun kapal sudah penuh sejak dari Pokai sehingga tak bisa lagi menaikkan penumpang di pelabuhan berikutnya.

Penumpukan penumpang terjadi akibat kapal hanya jalan satu kali seminggu dari biasanya dua hingga tiga kali seminggu.

Sejumlah penumpang kapal kecewa karena tidak dapat tiket. "Kami sudah menunggu kapal sejak jam 12.00 siang tadi, setelah kapal menyandar sekira jam 2 siang hendak menurunkan penumpang dari Siberut Utara, kami naik namun petugas mencari tiket karena tidak ada kami tidak dibolehkan naik dengan alasan tiket tidak ada dan penumpang sudah penuh,” kata Elisabet kepada Mentawaikita.com, Senin (6/9/2021).

Elisabet akan berangkat ke Tuapeijat untuk mencari informasi soal keberangkatan kuliahnya ke Surabaya yang difasilitasi Pemda Mentawai. “Informasi petugas kapalnya akan jalan lagi hari Jumat depan,” katanya.

Marcianus (37), warga lainnya mengatakan hal sama. Dirinya urung membeli tiket setelah melihat penumpang kapal penuh. "Saya sendiri memang kecewa namun mau bagaimana lagi,” katanya kecewa.

BACA JUGA