Pembangunan Trans Mentawai Puro-Malilimok Dilanjutkan Sepanjang 5 Km

Pembangunan Trans Mentawai PuroMalilimok Dilanjutkan Sepanjang 5 Km Alat berat sedang bekerja membuka jalan trans Mentawai Puro-Malilimok, Siberut, Mentawai. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

PURO-Pembangunan jalan Trans Mentawai dari Puro Kecamatan Siberut Selatan menuju Malilimok Kecamatan Siberut Barat Daya kembali dilanjutkan tahun ini dengan alokasi anggaran Rp5,7 miliar dari DAK.

Pembangunan jalan sepanjang 5 km itu dimulai dari Puro menuju Dusun Sarausau Desa Katurei, Siberut Barat Daya sudah mulai dikerjakan PT. Green Diamond Indonesia sejak 26 Agustus lalu.

"Pembangunan kita awalnya terkendala selama 10 hari karena alat berat terperosok, baru beberapa hari kita kerja membuka jalan 200 meter, alat berat ada enam unit, sejauh ini pekerjaan lancer, jalan dibangun 5 km dengan lebar 12 meter,” jelas Aan, Bagian Logistik PT. Green Diamond Indonesia kepada Mentawaikita.com, akhir AGustus lalu.

Camat Siberut Selatan, Hijon mengatakan, pembangunan jalan trans menuju Malilimok baru tahap pembukaan dan timbunan saja, belum sampai cor beton badan jalan. "Harapan kita jalan cepat selesai karena di sana adalah sebagai akses pertanian masyarakat Puro Desa Muara Siberut, ada banyak ladang di sana,jadi kalau jalan ada masyarakat tidak sulit lagi membawa hasil pertaniannya," kata Hijon.

Dia menambahkan, untuk tanaman warga yang akan terkena pelebaran jalan tidak akan ada ganti rugi, namun pihak perusahaan akan memberikan dana partisipasi proyek saja. “Sesuai diskusi dengan Wakil Bupati Mentawai jalan akan ditimbun sampai Dusun Kulukubuk Desa Madobag, dan harapan kita bisa sampai ke Puskesmas Sarereiket agar akses kita lebih lancer,” katanya.

BACA JUGA