7 Hari Tak Ditemukan, SAR Tutup Operasi Pencarian WNA Hilang di Katiet

7 Hari Tak Ditemukan SAR Tutup Operasi Pencarian WNA Hilang di Katiet Tim penyelam sedang mencari WNA asal Inggris yang hilang di perairan Katiet, Sipora Selatan, Mentawai. (Foto: Dokumen SAR Mentawai)

TUAPEIJAT-Hari ketujuh operasi pencarian terhadap Shaun Stephen Daly (27), Warga Negara Inggris berdomisili di Australia yang dilaporkan hilang sejak Sabtu, (28/8/2021) di Pantai Desa Katiet, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai belum membuahkan hasil.

Mengacu pada Undang-undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan, masa pencarian berlangsung selama tujuh hari sejak dimulai operasi. “Sesuai standar operasi pencarian, hari ini masuk hari ketujuh pencarian, maka operasi kita hentikan,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertololongan (SAR) Kepulauan Mentawai, Akmal pada Jumat, (3/9/2021).

Meski operasi pencarian terhadap Shaun Stephen selesai, tim gabungan pencarian dan pertololongan tetap melakukan pemantauan. “Apabila ada tanda-tanda, maka operasi SAR dibuka kembali,” ucap Akmal.

Shaun Stephen Daly merupakan wisatawan mancanegara yang telah tiba beberapa hari di daerah wisata surfing Katiet. Sebelumnya pada Sabtu, (28/8/2021 pagi Shaun diketahui pergi menombak ikan di daerah Pantai Katiet. Hingga malam, Shaun tak juga kembali.

Pihak pengelola sebuah penyedia jasa akomodasi pariwisata tempat tinggal Shaun menyampaikan laporan orang hilang kepada tim Pencarian dan Pertololongan (SAR) Kepulauan Mentawai berkantor di Tuapeijat.

Pencarian pada hari pertama telah dilakukan Tim Pencarian dan Pertololongan (SAR) Kepulauan Mentawai bersama tim gabungan dari pihak TNI, Polri, dibantu Rescue Kansar Padang, dan masyarakat. Operasi dipimpin langsung Kepala Kantor Pencarian dan Pertololongan (SAR) Kepulauan Mentawai, Akmal.

Tim pencarian dan pertolongan telah melakukan upaya pencarian terhadap Shaun Stephen dengan cara menyisir wilayah pantai Katiet, tim juga melakukan pencarian melalui pantauan udara menggunakan pesawat jenis capung ‘Susi Air’, melakukan penyelaman ke dasar laut dan snorkeling di daerah lokasi kejadian.

Kantor Pencarian dan Pertololongan (SAR) Kepulauan Mentawai menurunkan semua alut yang dimilikinya yakni KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai dan seluruh alut laut, melibatkan semua pihak TNI, Polri, long boat Dinas Pariwisata Mentawai, pihak resort.

BACA JUGA