Cegah Warga Buang Sampah ke Laut, Pemdes Sikakap Sediakan Tiga Bentor Pengangkut Sampah

Cegah Warga Buang Sampah ke Laut Pemdes Sikakap Sediakan Tiga Bentor Pengangkut Sampah Petugas kebersihan Desa Sikakap sedang mengangkut sampah untuk dibuang ke TPS di Dusun Mapinang. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Cegah warga Desa Sikakap buang sampah kelaut, Pemerintah Desa Sikakap Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai menyediakan tiga becak motor dan tiga orang petugas kebersihan untuk memungut sampah tiap hari.

Bentor pengangkut sampah tersebut beroperasi tiap hari  sekitar pukul 6.30 WIB sampai 7.00 WIB, warga tinggal memasukkan sampah ke dalam karung atau plastik dan meletakkan di kanan kiri jalan raya Sikakap, petugas kebersihan akan mengambil kantong-kantong tersebut dan membuangnya ke ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Dusun Mapinang, Desa Sikakap.

"Kepada warga Desa Sikakap jangan lagi membuang sampah ke laut, sekarang sudah ada petugas kebersihan, kerjanya untuk memungut sampah di Desa Sikakap, petugas kebersihan kita ada tiga orang dengan tiga becak motor (bentor), petugas kebersihan untuk memungut sampah setiap hari," kata San Andi Iklas, Kepala Desa Sikakap, kepada Mentawaikita.com, Jumat (3/9/2021).

Lebih lanjut ia menyebutkan, petugas kebersihan akan bekerja di wilayah Nem-Nem Leleu, lanjut ke Dusun Sibaibai, Dusun HVA, Dusun Sikakap Barat, Sikakap Tengah, Sikakap Timur, Mabolak dan terakhir Mapinang.

“Membuang sampah ke laut sangat banyak sekali kerugian bagi masyarakat, diantaranya laut menjadi kotor, terumbu karang akan mati akibat plastik, dan lainnya. Terumbu karang merupakan tempat ikan mencari makan, dan berkembang biak, kalau terumbu karang banyak yang mati akan berpengaruh terhadap perkembangan biakan ikan, akhirnya mencari ikan sulit,” kata Andi.

Rahma (52), warga Desa Sikakap, mengatakan, adanya petugas kebersihan untuk memungut sampah sangat membantu sekali, sebab selama ini laut menjadi tempat warga membuang sampah.

"Harapan kami petugas kebersihan ini bertugas untuk selamanya, sekarang ini tinggal lagi pemerintah Desa Sikakap membuat tempat gantungan sampah, supaya sampah tidak dilarikan oleh anjing," ungkapnya.

BACA JUGA