Percepat Tracking Kontak Erat Pasien Covid-19, Dinkes Mentawai Kirim Alat Rapid Antigen

Percepat Tracking Kontak Erat Pasien Covid19 Dinkes Mentawai Kirim Alat Rapid Antigen Petugas medis dari Puskesmas Muara Siberut memeriksa pelajar yang terkonfirmasi positif Covid-19 (Foto : Bambang/MentawaiKita)

SIKABALUAN-Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai mengirimkan alat rapid antigen ke puskesmas-puskesmas di daerah itu sebab alat tes swab polymerase chain reaction (PCR) yang dimiliki Laboratorium Diagnostik Unand rusak.

Kerusakan itu menyebabkan hasil tes swab sebanyak 13 orang kontak erat pasien positif covid-19  yang dilakukan pada Sabtu (24/7/2021) belum keluar sampai Selasa (27/7/2021). Biasanya hasil sudah diketahui dua hari setelah tes

Keterlambatan hasil pemeriksaan labor Unand Padang tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin karena adanya kerusakan alat pemeriksaan sampel swab yang mengakibatkan keterlambatan keluarnya hasil pemeriksaan.

"Menurut informasi ada dua alat yang rusak," kata Lahmuddin Kepala Dinas Kesehatan sekaligus juru bicara satgas Covid-19 Mentawai pada Mentawaikita.com, Selasa (27/7/2021).

Sebagai upaya cepat, Dinkes Mentawai segera mengirim alat rapid antigen untuk mempercepat tracking kontak erat pasien Covid-19 di Mentawai.

"Kita sudah siapkan rapid antigen di puskesmas sebagai alat untuk membantu dilakukannya pemeriksaan bagi kontak erat," ujarnya.

Lahmuddin menyebutkan keterlambatan hasil membuat pihak yang mengikuti swab semakin bingung dan cemas akan kepastian status mereka terkonfirmasi positif covid-19 atau negatif.

"Kalau kami bertahan untuk menunggu hasil yang tidak pasti kapan keluarnya membuat kami.jenuh. sementara kami butuh pergi cari makan dan belajar," kata salah seorang pelajar yang tidak mau disebutkan namanya dari kontak erat pelajar yang terkonfirmasi positif covid-19 yang menjalani karantina di gedung pelabuhan Pokai pada Mentawaikita.com, Rabu (28/7/2021). 


BACA JUGA