Pasien Positif Covid-19 Sikakap Sempat Melawan dan Menolak Tes Swab  

Pasien Positif Covid19 Sikakap Sempat Melawan dan Menolak Tes Swab   Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, dampingi langsung Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 saat di rumah pasien positif Covid-19. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Tempat tinggal W (25) laki-laki pekerjaan mahasiswa, warga Dusun Sikautek, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, yang dinyatakan positif Covid-19 tempat tinggalnya dipasangkan stiker Isolasi mandiri oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Sikakap

Selain itu tim juga melakukan tracking warga yang kontak langsung dengan pasien positif Covid 19, dari hasil tracking didapatlah 8 orang yang kontak langsung dengan pasien. Kedelapan orang tersebut diambil swab PCR di rumahnya. Selain itu Satgas juga menyemprot cairan disinfektan di rumah pasien positif covid-19 dan rumah warga yang kontak erat dengan pasien.

"Awalnya pasien terkonfirmasi positif Covid-19, melawan saat di ambil swab PCR dan tidak mau di tracking, setelah kita beri arahan barulah dia mau, agar warga tahu, bahwa ada pasien positif covid-19 di dusunnya, maka rumah pasien diberi stiker isolasi mandiri di depan rumahnya, hal ini kita lakukan supaya masyarakat selama isolasi mandiri tidak keluar rumah sampai hasil swabnya negative, dan warga dilarang kontak dengan mereka, hal ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19," kata Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, sekaligus Wakil Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Sikakap  kepada Mentawaikita.com, Sabtu (24/7/2021) 

Tirto menambahkan dari hasil tracking yang dilakukan oleh tim Satgas Kecamatan Sikakap ada 8 orang yang kontak langsung dengan pasien positif covid-19, terdiri dari 4 orang dari keluarga pasien covid-19, dan 4 orang guru. “Kedelapan orang yang kontak erat tersebut langsung diambil swab PCR nya, dan kedelapan orang tersebut kita minta untuk isolasi mandiri, termasuk pasien covid -9, sampai hasil swab PCR keluar,” kata Tirto.

Selama isolasi mandiri dirumah mereka tidak boleh keluar rumah, dan menerima tamu di rumah sampai hasil swab PCR keluar dengan hasil negatif. “Kalau diketahui keluar maka Satgas Percepatan Penanganan covid-19 Kecamatan Sikakap akan menjemput langsung dan pasien dibawa ke Puskesmas Sikakap untuk melanjutkan isolasinya,” tegas Tirto.

Pemasangan stiker Isolasi mandiri di rumah pasien covid-19 di Dusun Sikautek, Desa Taikako, disaksikan Camat Sikakap Victor, Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, Bhabinsa Koramil 04 Sikakap, Bhabinkamtibmas Polsek Sikakap dan Tim Kesehatan dari Puskesmas Sikakap.


BACA JUGA