42 Ekor Sapi dan 65 Kambing Dipotong Pada Idul Adha di PUS

42 Ekor Sapi dan 65 Kambing Dipotong Pada Idul Adha di PUS Pemotongan sapi kurban di Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Sebanyak 42 ekor sapi dan 65 ekor kambing dipotong pada hari raya Idul Adha 1442 H di Pagai Utara Selatan (PUS).

"Sebelum dipotong terlebih dahulu sapi dan kambing tersebut kita periksa dahulu, kalau sudah kita nyatakan sehat barulah sapi dan kambing tersebut boleh dipotong dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat,"ungkap dokter hewan Fazar Alhamda Saputra Harli, kepada Mentawaikita.com, Selasa (20/7/2021).

Fajar menambahkan setelah di potong hati sapi dan kambing juga diperiksa dan memastikan apakah ada cacing di hati sapi dan kambing tersebut. “Dari hasil pemeriksaan kita Alhamdulillah sapi dan kambing sehat, tapi ada beberapa ekor kambing menurut saya umurnya di bawah 6 bulan,” katanya.

Ucok, Panitia kurban Masjid Raya Al-furqan Sikakap mengatakan, sapi yang dipotong pada hari raya kurban khusus di Masjid Raya Al-furqan Sikakap sebanyak 8 ekor, daging sapi tersebut dibagikan untuk 500 kupon. “Satu kupon dapat 1 kilogram lebih daging campur,” ungkapnya.

Rahma (49) warga Desa Sikakap mengatakan dia mendapat satu kantong daging sapi beratnya sekitar 1 kilogram lebih. “Daging tersebut langsung di rendang,” tuturnya.


BACA JUGA