Satgas Covid-19 Minta Warga PUS ke Padang Agar Suntik Vaksin Covid 19 Atau PCR

Satgas Covid19 Minta Warga PUS ke Padang Agar Suntik Vaksin Covid 19 Atau PCR Penumpang KMP Gambolo yang baru datang dari Padang di periksa surat-suratnya oleh Satgas Covid-19 Kecamatan Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Satgas Covid-19 mengimbau kepada warga Pagai Utara Selatan (PUS) kalau ingin ke Padang agar kantongi surat suntik vaksin Covid 19 dan swab PCR.

"Padang sekarang lagi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pelabuhan Bungus dan Pelabuhan Muara Padang ada posko penyekatan dimana setiap orang yang datang dari luar Padang akan diperiksa surat-suratnya, bagi warga yang masuk ke Padang sekarang akan ditanya surat atau sertifikat vaksin Covid 19, dan swab PCR,” kata Fernando James, Koordinator UPTD Pelabuhan Penyeberangan Sikakap, Minggu (18/7/2021).

Lanjut James, bagi yang bertugas akan ditanya surat tugasnya, agar aman waktu turun kapal lebih baik ikuti aturan tersebut dengan cara patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan pemerintah supaya terhindar dari penyebaran penularan virus Covid-19. “Untuk pengawasan nanti petugas dari UPTD Pelabuhan Penyeberangan Kecamatan Sikakap akan ada waktu penjualan tiket, bagi yang tidak ada surat swab PCR atau surat vaksin Covid 19 tidak akan diberangkatkan,"katanya.

Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, sekaligus wakil Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Sikakap, menyebutkan, setiap penumpang yang datang dari Padang akan diperiksa surat-suratnya seperti surat bebas Covid-19 swab PCR atau swab Antigen. “Bagi warga Pagai Utara Selatan (PUS) yang ingin ke Padang kita dianjurkan untuk suntik vaksin Covid-19 dan swab PCR, di Puskesmas Sikakap, sebelum berangkat ke Padang, setelah hasil swab keluar negatif baru boleh ke Padang, hal ini kita lakukan supaya warga kita tidak di putar balikkan sesampai di Padang,” ungkapnya.

Petugas Swab Puskesmas Sikakap Sri darma, menyebutkan swab PCR akan dilakukan di pelabuhan setiap kapal penumpang dari Padang masuk ke Sikakap, bagi warga Kecamatan Sikakap yang ingin ke Padang bisa mengambil swab PCRnya waktu jadwal kapal penumpang sampai di Desa Sikakap. “Seperti hari Minggu, Rabu dan Jumat, sementara suntik vaksin Covid-19 setiap hari Sabtu di Puskesmas Sikakap,” tuturnya.

Afrizal, penumpang, menyebutkan memang betul ada pemeriksaan surat-surat di pelabuhan Bungus Padang oleh Satpol PP. “Ditanya surat Swab PCR dan surat vaksin Covid-19,” ungkapnya.

Ibar (59),pedagang, mengatakan untuk aman sampai di pelabuhan Bungus Padang. “Saya vaksin Covid-19 di Puskesmas Sikakap hari Sabtu (17/7) surat bukti bahwa saya sudah di vaksin Covid-19 sudah ditangan,” ungkapnya.


BACA JUGA