DPC Partai Garuda Mentawai Usulkan Suhendra Jadi PAW Gantikan Jimer Munthe

DPC Partai Garuda Mentawai Usulkan Suhendra Jadi PAW Gantikan Jimer Munthe Poster Suhendra saat jadi caleg di Pemilu 2019 lalu. (Foto: Patris/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT- DPC Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) Kabupaten Kepulauan mengusulkan nama Suhendra menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) Jimer Munthe, anggota DPRD Mentawai dari Partai Garuda yang meninggal dunia pada April 2021 lalu karena sakit.

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yosep Sarogdok mengatakan sudah menerima surat rekomendasi nama calon PAW dari DPC Partai Garuda bernama Suhendra, yang merupakan caleg dari Partai Garuda Dapil Mentawai 1 (Sipora Utara, Sipora Selatan) dengan perolehan suara terbanyak kedua dari calon lain di partainya setelah Jimer Munthe.

“Kita sudah terima surat usulan nama partainya, nama yang diusulkan itu Suhendra, kita sudah surati KPU Mentawai melakukan verifikasi dokumen untuk selanjutnya KPU Mentawai menyatakan apakah memenuhi syarat atau tidak,” kata Yosep, Rabu, (14/7/2021) di Kantor DPRD Mentawai, Kilometer 4, Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Ketua KPU Mentawai, Eki Butman menjelaskan bahwa telah menerima surat permintaan verifikasi dokumen terhadap calon PAW atau nama yang diusulkan partai. Setelah dipelajari dan diverifikasi  Ketua KPU Mentawai menyatakan bahwa terhadap dokumen calon PAW yang diusulkan bernama Suhendra Memenuhi Syarat (MS).

Terhadap nama calon yang diusulkan dan aduan masyarakat terhadap calon PAW sudah ditindaklanjuti dan diklarifikasi oleh KPU Mentawai juga surat dari Mahkamah Partai.

“Jadi itu yang menjadi dasar kita, hasilnya menyatakan saudara Suhendra Memenuhi Syarat (MS) masih terdaftar di partai dan tidak pernah dicabut, dia juga masih terdaftar di Silon (Sistem Informasi Pencalonaan Pemilu),” kata Eki Butman, Kamis, (15/7/2021).

Terkait pengunduran diri Suhendra dari Partai Garuda sebagai syarat pencalonan mengikuti Pilkades Serentak di Mentawai pada Juni 2021 lalu ternyata tidak sampai di tingkat KPU Kabupaten Mentawai dan pengurus partai tingkat pusat.

“Pengunduruan diri Suhendra saat mencalonkan diri saat Pilkades itu tidak ditembuskan di KPU Mentawai atau pun di pengurus partai pusat, dan selanjutnya ketika dia membatalkan diri pencalonan kades, dia cabut lagi surat pengunduran diri, dicabut lagi oleh pengurus partai tingkat kabupaten, sehingga di pusat masih sebagai kader partai dan di Silon pun masih ada data dia,” jelas Eki Butman.

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yosep Sarogdok menjelaskan usulan tersebut kini sudah berada di pihak eksekutif (Bupati) selanjutnya diteruskan kepada Gubernur untuk kemudian diterbitkan Surat Keputusan (SK) nama PAW yang akan dilantik.

BACA JUGA