Pokdarwis Tiga Desa di Kecamatan Siberut Selatan Dilatih Membuat Paket Wisata.

Pokdarwis Tiga Desa di Kecamatan Siberut Selatan Dilatih Membuat Paket Wisata Peserta pelatihan paket wisata di tiga desa. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MAILEPPET-Tiga desa di Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai yang memiliki Program Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Madobag, Matotonan dan Muntei dilatih membuat paket wisata yang diikuti sebanyak 25 orang peserta di Gedung Taman Nasional Siberut pada Senin, (12/7/2021).

"Mereka akan dibekali membuat paket wisata semenarik mungkin serta membuat biaya-biaya perjalanan paket wisata di tiga desa. Ini akan kita buatkan payung hukumnya yang bekerja sama dengan dinas terkait, berapa dan harga jual juga tidak rugi, kita jangan jual mahal dulu tapi kita ingin wisata rutin datang di tempat kita. Kita juga mengharapkan kerja sama semuanyai itu sangat penting dan dukungan pemerintah desa,” kata Indra Wita, Pendamping Pokdarwis di Kecamatan Siberut Selatan.

Narasumber Kegiatan Pelatihan Paket Wisata dari UNP Padang, Sulis Purwanto mengatakan pada pelatihan pembuatan paket ini membuat orang atau pengunjung bisa senang, paket wisata dan pemandu ini miliknya Pokdarwis, desa bekerja sama dengan masyarakat setempat. “Makanya kita harus munculkan yang menarik, karena melihat di tengah globalisasi masyarakat Mentawai masih bertahan dengan adatnya serta ada keunikan, paket wisata ini pun akan dipamerkan di Sumbar nantinya,” katanya.

Camat Siberut Selatan Hijon mengatakan, pelatihan paket wisata ini yang menentukan itu daerah atau desa sendiri, pemerintah hanya mendukung, pemerintah dan desa bekerja sama untuk mengembangkan Pokdarwis. “Kita membuat paket tidak bisa ada yang tersembunyi, kita jual paket wisata secara murah dulu agar orang datang. Tiga desa ini pasti tidak ada sama paket wisatanya, saat ini warga masih memberi harga tranportasi Pongpong masih sesukanya saja dan bentuknya pribadi, ini kita bicara secara desa dan masyarakat harus ambil bagian, dengan adanya Pokdarwis ini bisa mendata potensi desa dan membuat paket yang pas kepada pengunjung," kata Hijon.

Ketua Pokdarwis Desa Madobag Paulus Joko mengatakan, program Pokdarwis pembuatan paket wisata itu tujuannya mendatangkan tamu dari STP Trisaksi Jakarta bersama dengan dinas-dinas kabupaten, rencananya tamu dari STP Trisakti sebanyak 20 orang, Dinas Kabupaten Kepulauan Mentawai 40 orang.

"Pembuatan paket berupa biaya kegiatan atau rangkaian kegiatan yang disajikan kepada tamu seperti turuk,mencari baiko (cawat) itu lah yang dibuat biaya itu dirancang dalam bentuk pembiayaan itu akan dijual kepada tamu untuk perencanaan ulang tahun Desa Matotonan yang akan digelar pada (10/8/2021) selama 4 hari di Desa Matotonan,” katanya.

Paket Wisata itu dirancang untuk pedoman tamu Trisaksi dan Kabupaten sekaligus menetapkan paket wisata yang berlaku untuk pedoman pemerintah desa. “Biaya yang ditawarkan tidak begitu mahal. Kami juga mendata  objek wisata yang ada di Desa Madobag yang mungkin akan ditawarkan kepada tamu yang berkunjung. Anggota Pokdarwis Desa Madobag sebanyak 20 orang," kata Paulus.


BACA JUGA