P2KD Taikako Tetapkan Viktor Saleleubaja Pemenang Pilkades

P2KD Taikako Tetapkan Viktor Saleleubaja Pemenang Pilkades Penghitungan suara hasil pilkades Taikako di Sekretariat P2KD. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Taikako Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai menetapkan Viktor Saleleubaja sebagai kepala desa terpilih setelah memenangkan pilkades dengan 618 suara.

Sebelum penetapan hasil pilkades, P2KD harus menggelar penghitungan suara ulang TPS pada Jumat (18/6/2021 agar bisa disaksikan langsung lima calon kepala desa Taikako yang ikut berlaga dalam pilkades, kata Emiel Sapalakkai, Ketua P2KD Taikako usai penetapan.

Penghitungan surat suara disaksikan lima calon kepala desa Taikako yakni Hendri Nasrani, Marlusther, Bilmar, Viktor Saleleubaja dan Grand Harms Wahyu. "Sesuai tahapan ada waktu yang diberikan kepada calon kepala desa untuk memberikan sanggahan terhadap hasil Pilkades serentak yakni di tanggal 21 Juni sampai 23 Juni," katanya.

Juber, Pejabat Kepala Desa Taikako, mengatakan dalam rapat penghitungan surat suara hari ini diharapkan kerjasama dari semua pihak supaya pelaksanaan penghitungan surat suara berjalan aman, lancar dan tertib.

"Saya minta kepada para calon kepala desa Taikako agar dapat menenangkan pendukungnya supaya tidak terjadi keributan, mari kita ubah anggapan orang bahwa Desa Taikako itu sarat dengan keburukan, bagi para calon kepala desa yang tidak menerima hasil penghitungan suara ini silahkan saja buat surat sanggahan sesuai dengan tahapan Pilkades yang sudah diatur dalam Peraturan Bupati, mari sama-sama kita jaga supaya penghitungan surat suara ini berjalan lancar, aman dan tertib," imbaunya.

Penghitungan surat suara di Sekretariat P2KD Taikako dijaga 15 anggota Polsek Sikakap dipimpin langsung oleh Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi, dibantu oleh anggota Koramil 04 dipimpin langsung Danramil 04 Sikakap Kapten INF Putra Damanik, dan anggota Poskamla Sikakap.

AKP Tirto Edhi, Kapolsek Sikakap, menyebutkan mencegah terjadinya adu fisik antar pendukung calon Pilkades Taikako, Polsek Sikakap menurunkan 15 personil nya, pengamanan dibantu langsung oleh anggota Koramil 04 Sikakap dan Poskamla Sikakap.

“Pilkades Taikako dari awal tahapan mendapat perhatian khusus dari Polsek Sikakap, Koramil 04 Sikakap dan Pos Kamla Sikakap, sebab kita tidak ingin ada pendukung calon yang berurusan dengan hukum akibat melanggar hukum seperti berkelahi, perusakan dan sebagainya. Kalau ada pendukung yang mencoba melakukan propokasi massa makan akan langsung kami amankan, sebab ini adalah pesta rakyat untuk memilih pimpinannya," katanya.

Kapten INF Putra Damanik, menambahkan tugas TNI untuk membantu polisi dalam pengamanan, kalau ada massa yang mencoba memprovokasi massa akan langsung diamankan. "Kami tidak ingin ada pihak-pihak yang mencoba menggagalkan penghitungan suara di tingkat P2KD Taikako, mari sama-sama kita jaga dan sukseskan Pilkades Taikako dengan aman dan lancar, kalau ada calon kepala desa Taikako merasa keberatan dengan hasil Pilkades Taikako silahkan saja ajukan surat Keberatan sesuai dengan tahapan Pilkades," katanya.

 

BACA JUGA