PLN Bangun Jaringan Listrik di Sejumlah Dusun di Pagai Utara Tahun Ini

PLN Bangun Jaringan Listrik di Sejumlah Dusun di Pagai Utara Tahun Ini Dusun Taikako Hulu, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap tahun ini akan diterangi listrik. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Sejumlah daerah di Pagai Utara Kepulauan Mentawai akan menikmati jaringan listrik PLN tahun ini. Desa yang akan menikmati listrik yakni Dusun Taikako Hulu, Dusun Matoninit, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, dan Dusun Tumalei, Desa Silabu Kecamatan Pagai Utara.

"Di Pulau Pagai Utara ada beberapa dusun akan dipasang jaringan listrik oleh PLN, pekerjaannya akan dilaksanakan oleh kontraktor," kata Ray Moond, Koordinator Kantor Pelayanan (KP) PLN Sikakap, Kamis (17/6/2021).

Lebih lanjut Ray Moond, menyebutkan sebelum pemasangan jaringan listrik, PLN didampingi Camat Sikakap, Victor dan kepala dusun untuk sosialisasi kepada masyarakat agar pemasangan jaringan lancar. Sebab pengalaman selama ini, ada saja warga yang minta ganti rugi tanaman sementara biaya ganti rugi tidak ada.

“Kalau tidak banyak halangan dan masyarakat mendukung kegiatan pemasangan jaringan listrik ini maka pekerjaan pemasangan tiang dan merentangkan kabel jaringan akan dilaksanakan tahun ini secepatnya, untuk itu kami sangat berharap sekali dukungan dari seluruh masyarakat untuk dapat membantu dan melancarkan pekerjaan pemasangan jaringan listrik ini," ungkapnya.

Rindung Paingot, Sekretaris Desa Taikako, mengatakan proposal permohonan pemasangan tiang dan jaringan listrik untuk Dusun Taikako Hulu dan Dusun Matoninit sudah masuk sejak 2017, baru tahun 2021 terjawab.

Untuk itu mari kita sama-sama mendukung pemasangan tiang listrik dan jaringan listrik ini, demi kesejahteraan masyarakat kita, kalau listrik hidup di malam hari maka kegiatan masyarakat bisa dilakukan pada malam hari, sebelum ada jaringan listrik kegiatan masyarakat dilakukan siang hari saja.

"Tidak ada listrik sebagai penerang kita di malam hari lampu togok, lampu yang terbuat dari botol yang diberi sumbu bahan bakarnya minyak tanah,kalau ada masalah mari kita selesaikan secara kekeluargaan, jangan ada nanti masyarakat yang menghalangi pekerjaan jaringan listrik dengan cara memasang palang, kalau ada hal itu tentu kegiatan pemasangan jaringan listrik terhenti, yang rugi kita masyarakat," katanya.

Sementara Camat Sikakap, Viktor, menyebutkan Dusun Taikako Hulu merupakan salah satu dusun tertua, tapi sayang listrik saja belum dinikmati oleh masyarakat Taikako Hulu. Karena itu dia berharap warga mendukung proyek ini.

Karbinus Sabelau, Kepala Dusun Matoninit, Desa Taikako, menyebutkan, penerangan listrik merupakan salah satu kebutuhan yang harus ada, sebab kalau tidak ada listrik desa akan seperti kota mati di malam hari, dan kegiatan di malam hari tidak akan ada.

"Dalam pekerjaan kami para kepala dusun akan membantu kontraktor dalam segala bidang terutama sekali kalau ada masalah, Dusun Matoninit memiliki 57 Kepala Keluarga (KK) mereka semua butuh jaringan listrik untuk menjadi penerang di malam hari," katanya.

 


BACA JUGA