Pilkades Mentawai, Pemilih Antusias Datangi TPS

Pilkades Mentawai Pemilih Antusias Datangi TPS Seorang pemilih di TPS 03, Dusun Camp Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara memasukkan surat suara ke dalam kotak suara usai memberikan suara untuk Pilkades Tuapeijat, Rabu (16/6/2021). (Foto: Rus/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Pemilihan kepala desa Tuapeijat di Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (16/6/2021) berlangsung lancar dan aman. Warga antusias memberikan suara bahkan TPS lebih ramai dibandingkan pemilu.

Dari pantauan Mentawaikita.com di TPS 3 Dusun Camp, jumlah pemilih yang memberikan suaranya sampai pukul 12.00 WIB sudah mencapai 70 persen lebih dibanding pemilihan presiden atau gubernur hanya bisa mencapai 50 persen sampai 60 persen, hal itu dikatakan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Tuapeijat, Kecamatan Sipora Selatan, Arkhelaus

"Pilkades hari ini lebih seru dibanding Pemilihan Presiden atau Gubernur Sumatera Barat, kalau dari segi antusias persentasenya untuk Pilkades ini sampai jam 12.00 WIB tadi sudah 70 persen lebih dibanding dengan presiden atau Pilgub hanya dilevel 50 persen," katanya.

Di Desa Tuapeijat ada 12 TPS yang disediakan untuk menyalurkan 3.900 suara pemilih. Tuapeijat ini merupakan ibu kota Kabupaten Kepulauan Mentawai.  “TPS telah dibuka sampai 12.00 WIB untuk warga yang masuk DPT selanjutnya dari jam 12.00 WIB jam 13.00 WIB untuk pemilih yang menggunakan KTP , dimana pemilih tidak masuk dalam DPT tapi dia memilih KTP sebagai warga setempat bisa memilih,” ujarnya.

Calon kepala desa yang berlaga di Pilkades Tuapeijat ada lima orang,  Jonar Tamba, Pusuibiat, Bujang, Santono dan Basyaruddin. “Awalnya ada tujuh orang yang mendaftar namun yang lolos itu lima orang sesuai aturannya,” jelasnya.

Setelah pemilihan, kata Arkhelaus, akan dilanjutkan penghitungan suara di Sekretariat P2KD, kemudian dua minggu berikutnya akan diberi waktu sanggahan bagi calon yang menggugat. “Penetapan calon terpilih baru dilakukan pada Juli atas persetujuan P2KD kabupaten, camat dan P2KD desa,” katanya.

Kondisi yang sama juga terlihat di dua TPS di Dusun Madobag Desa Madobag Kecamatan Siberut Selatan. Warga dengan semangat mendatangi TPS untuk memberikan suaranya.

"Pada hari ini 12 dusun di Desa Madobag Kecamatan Siberut Selatan menyelenggarakan pilkades, setelah saya pantau 2 TPS di Dusun Madobag berjalan lancar untuk sementara ini," kata Rafael Salakkopak, Penjabat Kepala Desa Madobag kepada Mentawaikita.com Rabu,(16/6/2021).

BACA JUGA