Warga Taikako Antusias Datangi TPS Sejak Pagi, Berikan Suara untuk Pilkades

Warga Taikako Antusias Datangi TPS Sejak Pagi Berikan Suara untuk Pilkades Warga Desa Taikako lagi memberikan hak suaranya pada Pilkades serentak 2021. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-- Warga Dusun Pasibuat, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai mulai mendatangi TPS 01 di rumah Kepala Dusun Pasibuat, Alkadius Samongilailai untuk memberikan hak suaranya pada Pilkades serentak, Rabu (16/6/2021).

Hari ini, ada lima calon kepala desa yang bertarung memperebutkan jabatan kepala desa Taikako periode 2021-2027 yaitu, Hendri Nasrani, Marlusther, Bilmar, Viktor Saleleubaja dan Grand Harms Beni Wahyu.

"Pukul 07.00 WIB TPS 01 Taikako di Dusun Pasibuat sudah mulai dibuka, mulai pencoblosan pukul 07.30 WIB, jumlah pemilih 136 jiwa," kata Alkadius Samongilailai, Ketua KPPS TPS 01 Taikako, kepada Mentawaikita.com, Rabu (16/6/2021).

Lebih lanjut Alkadius Samongilailai menyebutkan, penutupan pencoblosan pukul 14.00 WIB, penghitungan surat suara dimulai pukul 15.00 WIB, setelah itu surat suara yang sudah dihitung akan diserahkan kembali ke P2KD Taikako.

Jumlah pemilih yang terdaftar di Desa Taikako  2.312 jiwa, khusus Dusun Pasibuat, TPS 01 jumlah pemilih 136 jiwa terdiri dari Laki-laki 70 jiwa, dan perempuan 63 jiwa.

Karena sekarang masa pandemi Covid-19 maka pemilih di TPS 01 Taikako wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter sampai 1, 5 meter.

"Bagi panitia dan pemilih wajib memakai masker waktu melakukan pencoblosan, sebelum masuk ke TPS pemilih diarahkan untuk mencuci tangan dengan sabun di air mengalir yang sudah kita sediakan," jelasnya.

Ferdinand Salamanang, salah satu pemilih mengatakan sudah memberikan hak pilih dalam pilkades 2021."Siapapun yang menang nanti itu adalah kepala desa kita bersama, sebagai warga Desa Taikako kewajiban kita adalah memberikan hak suara waktu pemilihan umum," ungkapnya.

BACA JUGA