Warga dan Perangkat Desa Sikakap Bersihkan Sisa Material Banjir

Warga dan Perangkat Desa Sikakap Bersihkan Sisa Material Banjir Perangkat Desa Sikakapmembersihkan sampah dan selokan sisa banjir, Senin (14/6/2021). (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Warga dan perangkat Desa Sikakap membersihkan sisa material yang terbawa banjir akibat hujan lebat, Senin (14/6/20210). Banjir terjadi Sabtu (12/6/2021) lalu akibat hujan lebat sore hingga malam, menyebabkan material pasir dan sampah menyumbat selokan di sejumlah ruas jalan raya Sikakap.

"Hujan lebat Sabtu lalu menyebabkan sampah bercampur tanah dan pasir menyumbat selokan dan menyebabkan banjir, setelah banjir surut, ruas jalan kotor oleh sampah dan pasir, karena itu hari ini perangkat desa turun membersihkan sisa material banjir,” kata Kepala Desa Sikakap, San Andi Ikhlas.

Dijelaskan Andi, jalan raya Sikakap kerap tergenang banjir saat hujan lebat disebabkan sampah menyumbat selokan, apalagi selokan banyak yang sudah dangkal tertutup sedimen pasir.

"Kalau tidak dibersihkan secepatnya sampah yang berserakan di jalan raya dan tumpukan tanah bisa membuat kecelakaan, dan menimbulkan penyakit menular akibat genangan air, sebelum itu terjadi kita bersihkan, dengan lingkungan bersih maka semua penyakit akan hilang," ungkapnya.

Haradet Sababalat, Kepala Dusun Sikakap Barat, mengatakan pembersihan sampah dan pasir sisa banjir dilakukan sejak kemaren, dibantu mobil Damkar Sikakap.

Nirhan Syahnur (47), warga Dusun Sikakap Tengah, mengatakan selokan di depan rumahnya tersumbat akibat tertutup sampah yang dibawa hujan Sabtu lalu, akibatnya air sempat masuk ke rumah. "Waktu hujan lebat tersebut rumah saya dan beberapa warga sempat banjir, untung hujan cepat berhenti sehingga kami dapat membersihkan sampah di selokan,” katanya.

 

BACA JUGA