Calon Kepala Desa di Wilayah PUS Deklarasi Pilkades Damai

Calon Kepala Desa di Wilayah PUS Deklarasi Pilkades Damai Para calon kepala desa di Kecamatan Sikakap menandatangani Deklarasi Pilkades Damai. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Para calon kepala desa yang akan berlaga dalam pemilihan kepala desa di wilayah Pagai Utara Selatan sepakat menandatangani deklarasi damai pilkades serentak yang akan diselenggarakan Rabu (16/6/2021) mendatang.

Deklarasi damai dilakukan para cakades dari tujuh desa yang akan bertarung dalam pilkades di wilayah PUS Kabupaten Kepulauan Mentawai. Penandatanganan deklarasi disaksikan Camat Sikakap, Victor, Camat Pagai Utara, Gabriel Sakeru, dan Camat Pagai Selatan Andar Sabelau di lapangan kantor Polsek Sikakap.

Isi deklarasi damai itu adalah: pertama,akan mengikuti pilkades serentak dengan jujur dan adil. Kedua, akan mengikuti pilkades serentak secara damai dan kekeluargaan. Ketiga, akan menjaga ketertiban dan keamanan dalam pelaksanaan pilkades serentak. Keempat, tidak akan mengandalkan politik identitas baik itu sara maupun membuat kerukunan hidup yang tidak harmonis. Kelima, menjunjung tinggi ideologi Pancasila sebagai dasar negara kita.

"Pilkades serentak tinggal dua hari lagi untuk itu mari kita bersama-sama menjaga kerukunan hidup secara damai dan aman, jangan jadikan pilkades menjadi penyebab terjadinya perselisihan dan perpecahan antara kita, dengan ditandatangani  deklarasi damai oleh para kepala desa bisa menjadi acuan perjanjian bagi calon dalam mengamankan masa pendukungnya," kata Victor, Camat Sikakap, Senin (14/6/2021).

Di Kecamatan Sikakap, dua desa akan melaksanakan pilkades yaitu Desa Matobe dengan lima cakades dan Desa Taikako juga ada lima cakades. "Pilkades merupakan pesta rakyat mari bersama-sama kita jaga kerukunan dan keamanan, jadikanlah pilkades sebagai ajang silaturahmi antar kita di tingkat desa, siapapun yang terpilih menjadi kepala desa itulah kepala desa kita nantinya," imbau Victor.

Sementara Kapolsek Sikakap, AKP Tirto Edhi, mengatakan, untuk keamanan  Polsek Sikakap menurunkan 75 persen anggotanya dibantu anggota Danramil dan Poskamla Sikakap.

Tujuh desa di Pagai Utara Selatan (PUS) akan mengikuti pilkades serentak yakni, dua desa di Sikakap yaitu Desa Matobe dan Desa Taikako, di Kecamatan Pagai Utara, Desa Silabu dan Desa Batu Monga, sementara di Kecamatan Pagai Selatan, Desa Malakopa, Desa Makalo, dan Bulasat.

"Walaupun pilkades serentak serba keterbatasan tapi kita dari TNI dan Polri akan tetap bahu membahu dalam melakukan keamanan dan kelancaran pilkades serentak, mari sama-sama kita saling menjaga keamanan agar pilkades serentak berjalan sesuai dengan apa yang di rencanakan," katanya.

Kapten INF Putra Damanik, Koramil 04 Sikakap, menambahkan, tugas TNI dan Polri dalam pilkades serentak salah satunya menjaga keamanan supaya pelaksanaan lancar dan sukses.

 

BACA JUGA