Hujan Lebat, Teras Rumah Pengawas SD Sikakap Nyaris Tertimbun Longsor

Hujan Lebat Teras Rumah Pengawas SD Sikakap Nyaris Tertimbun Longsor Tim Damkar Sikakap membersihkan teras rumah Suharda yang tertimbun longsoran tanah di belakang rumahnya. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Hujan lebat yang terjadi di Desa Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sabtu (12/6/2021) sore hingga malam menyebabkan rumah Suharda (56), pengawas madya Dinas Pendidikan Kecamatan Sikakap Gugus 1 nyaris tertimpa longsoran tanah yang berasal dari bukit di belakang rumahnya.

Tanah liat warna kuning bercampur rumput menghantam tumpukan kayu yang ada di teras samping rumah bagian kiri, akibat hantaman tanah liat kayu yang tersusun rapi berserakan dibuatnya. Longsoran tanah liat berwarna kuning hanya sampai di teras samping rumah bagian kiri, ketebalan tanah liat campur rumput sekitar 30 centimeter.

"Hujan lebat membuat teras bagian kiri rumah saya penuh ditimbun tanah liat warna kuning bercampur rumput, kalau tidak ada tumpukan kayu mungkin tanah liat tersebut sudah menghantam dinding rumah bagian kiri," kata Suharda (56), kepada Mentawaikita.com, Minggu (13/6/2021).

Lebih lanjut Suharda menyebutkan, longsoran tanah juga membuat selokan di dekat teras rumahnya tersumbat dan juga masuk ke dapur. “Saya kerja sendiri untuk memperbaiki selokan yang tertimbun tanah,” katanya.

Untuk mengantisipasi longsor, Suharda yang sudah 10 tahun tinggal di rumahnya itu membuat tanggul di belakang rumah hingga bagian samping.

"Setelah saya liat siangnya Minggu (13/6) rupanya diatas bukit terdapat tanah longsor yang jarak dengan belakang rumah sekitar 300 meter lebih, akibat hujan lebat malam tadi (Sabtu, 12/6), sekitar bulan Maret lalu di belakang rumah saya satu pohon tumbang dengan ukuran yang cukup besar, itupun akibat hujan lebat, saya akui tanah di belakang rumah saya labil tapi apa boleh buat hanya ini satu-satu lokasi tanah yang kami punya, Alhamdulillah tim damkar Sikakap membantu membersihkan tanah," katanya.

Rahmat Hidayat, tim damkar Kecamatan Sikakap mengatakan timnya sudah mulai bekerja sejak Minggu pagi, mereka menyemprotkan air untuk membersihkan lumpur dan tanah yang menimbun teras rumah.

BACA JUGA