Masih Pandemi, Ujian Semester Siswa SMPN 3 Sikakap Dilakukan Jarak Jauh

Masih Pandemi Ujian Semester Siswa SMPN 3 Sikakap Dilakukan Jarak Jauh Siswa SMPN 3 Sikakap sedang mencari jawaban soal ujian di internet. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Menjalani ujian semester di tengah pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi pelajar di Mentawai karena sebagian besar sekolah masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Para siswa harus menjemput soal ke sekolah, mengerjakan soal di rumah dan mengantarkan kembali ke sekolah.

"Ke sekolah hanya menjemput soal ujian setelah itu pulang kembali ke rumah untuk mengerjakan soal ujian tersebut, besoknya baru jawaban ujian tersebut diantarkan kembali ke sekolah, sekaligus mengambil soal ujian," kata Natalia Sapira, siswa kelas VII di SMPN 3 Sikakap, kepada Mentawaikita.com, Rabu (9/6/2021).

Saat kesulitan menjawab soal ujian, Natalia mencarinya di Internet sebab selama pandemi sekolah dilakukan secara jarak jauh. Para siswa ke sekolah setiap Senin untuk mengambil materi belajar.

Selvi Orpalina, siswa kelas VIII di sekolah yang sama mengaku tak menemui kendala meski harus melakukan ujian di rumah karena bisa mencari jawaban soal di Internet. “Di Matobe ada internet gratis,”katanya.

Marius Ringo Sarore, Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMPN 3 Sikakap, menyebutkan ujian semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SMPN 3 Sikakap masih menggunakan sistem jarak jauh, siswa menjemput soal ke sekolah, setelah itu siswa langsung pulang untuk mengerjakan soal dan kembali besok ke sekolah mengantarkan jawaban soal.

Menurut Marius, hingga saat ini belum ada izin melakukan sekolah tatap muka di Mentawi, yang dibolehkan hanya jarak jauh, meski demikian para guru tetap hadir di sekolah.

BACA JUGA