Tak Ada Ruang Belajar, Siswa SMPN 3 Sikakap Numpang Belajar di SD

Tak Ada Ruang Belajar Siswa SMPN 3 Sikakap Numpang Belajar di SD Bangunan SDN 07 Matobe yang digunakan untuk jadi kantor majelis guru SMPN 3 Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Siswa SMPN 3 Sikakap di Desa Matobe, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai harus belajar di SDN 07 Sikakap karena tidak memiliki ruang belajar.  SMPN 3 Sikakap saat ini baru memiliki dua kelas yakni kelas VII dan kelas VIII dengan jumlah siswa 78 orang.

"Siswa SMPN 3 Sikakap baru kelas VII dan kelas VIII, dengan jumlah siswa 78 orang, karena tidak ada ruang belajar SMPN 3 Sikakap masih menumpang belajar di SDN 07 Matobe," kata Marius Ringo Sarore, Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMPN 3 Sikakap kepada Mentawaikita.com, Senin (7/6/2021).

Marius menyebutkan, siswa SMPN 3 Sikakap belajar sore hari mulai pukul 13.00 WIB dan pulang pukul 17.00 WIB, kalau belajar tatap muka, sekarang ini siswa SMPN 3 Sikakap masih Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena Covid-19.

Dimana setiap hari Senin siswa menjemput tugas ke sekolah, tugas tersebut diantarkan kembali Senin berikutnya. Sementara hari Jumat dan Sabtu guru datang ke rumah siswa untuk memantau langsung kegiatan belajar siswa di rumah.

"Harapan kami kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai agar secepatnya melakukan pembangunan ruang belajar siswa dan kantor majelis guru, supaya kegiatan belajar mengajar di SMPN 3 Sikakap lebih baik lagi, kalau sudah ada ruang belajar siswa tentu siswa SMPN 3 Sikakap masuk pagi semua lagi," katanya.

Christiana Sakerebau, guru SMPN 3 Sikakap, menyebutkan di masa pandemi Covid-19 sekarang ini siswa masih belajar di rumah, setiap Jumat dan Sabtu dia melakukan kunjungan ke rumah siswa untuk memantau langsung kegiatan belajar siswa di rumah.

"Kendala belajar PJJ waktu kunjungan ke rumah siswa sering siswa tidak ada di rumah,” katanya.

Dia juga berharap bangunan sekolah segera dibangun agar siswa dan guru bisa mengajar nyaman saat pembelajaran tatap muka.

BACA JUGA